Amankan Pilkada 2020, Polda Kalsel Terjunkan Brimob

0
89

Banjarmasin – Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) tak main-main dalam melakukan pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) langsung di beberapa kabupaten serta Pemilihan Gubernur dan Wakil di pada 9 Desember nanti.

Sejumlah pasukan akan digeser ke beberapa Polres, pasukan Brigade Mobile (Brimob) pun diturunkan. Bahkan Polda Kalsel juga dibantu pengamanan dari Brimob Polda Kalteng. Hal tersebut diungkapkan Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto saat memimpin Deklarasi Pilkada Damai dan Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka Operasi Kepolisian Kewilayahan “Mantap Praja Intan 2020” Polda Kalimantan Selatan, di Halaman Mapolda Kalsel, Sabtu (5/12/2020) pagi.

Rikwanto mengatakan, apel pergeseran pasukan “Mantap Praja Intan 2020” ini merupakan representasi dari kesiapan kita atas tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan oleh negara dan seluruh rakyat Indonesia untuk menjamin keamanan, ketertiban dan kelancaran, demi suksesnya penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020 di wilayah hukum Polda Kalimantan Selatan.

“Kepercayaan ini haruslah kita jawab dengan kesungguhan dan keikhlasan hati, yang diwujudkan dengan keseriusan dalam pelaksanaan tugas pengamanan,” ungkap Rikwanto.

Rikwanto mengimbau, dalam rangka persiapan Pilkada 2020 agar TNI polri bersikap netral dan menjamin setiap kegiatan Pilkada dapat berjalan dengan tertib dan aman, agar TNI dan Polri setia kepada negara, rakyat dan pimpinan, serta menghimbau kepada penyelenggara Pilkada untuk dapat mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Tugas pengamanan pilkada merupakan kehormatan. Untuk itu, diperlukan dedikasi tinggi dan tanggung jawab, serta berkomitmen untuk bersikap netral dan tidak terlibat politik. Selain itu, diharapkan agar personil TNI dan Polri untuk menjaga kesehatan dikarenakan saat ini merupakan kondisi pandemi Covid-19, dan tak lupa dalam tahapan Pilkada agar bersama-sama mematuhi protokol kesehatan yang berlaku untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada saat pemilihan nanti,” tandasnya.

Sementara itu, Plt Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar mengatakan atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, sangat mengapreasi Polda Kalsel atas deklarasi Pilkada Damai tersebut.

“Pemprov Kalsel medukung penuh Forkompimda serta KPU dan Bawaslu guna terciptanya pemilu yang aman dan damai,” ujar Roy.

Dalam deklarasi tersebut turut hadir pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, nomor urut 01 dan 02. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here