Kerusakan Jembatan Bahandang Direspon Dinas PUPR Kalsel

0
105

Batola – Kerusakan jembatan kayu yang merupakan  penghubung Desa Desa Bahandang Kecamatan Jejangkit Batola dengan wilayah Kecamatan Sei Tabuk Kabupaten  Banjar direspon cepat oleh Dinas PUPR Kalsel. “Setelah menerima laporan masyarakat, kita langsung meninjau ke lapangan kemudian kita lakukan penanganan sementara dulu,” kata Kabid Bina Marga M Yasin Toyib melalui Kasi Jalan Wahid Ramadani, Sabtu (5/12) siang.

Jembatan tersebut terbuat dari kayu ulin namun di beberapa bagian ada lobang cukup besar karena kayunya patah. Posisi jembatan juga miring karena tiang jembatan ada yang lapuk. Namun warga tetap melewatinya dengan hati-hati.
Kini lobang di jembatan sudah ditambal sementara dengan kayu galam berlapis. Jembatan yang sebelumnya tak ada pagar kini sudah dipagari sekaligus pondasi jembatan diperbaiki.

Jembatan Bahandang terletak tepat di perbatasan wilayah Jejangkit dan Sei Tabuk sehingga sarana vital penghubung antar kabupaten Batola dan Banjar.

Ditambahkan Wahid, Pemprov Kalsel melalui Dinas PUPR hanya berwenang untuk melaksanakan perbaikan atau peningkatan jalan yang statusnya jalan provinsi. Sementara yang statusnya jalan nasional kewenangan pemerintah pusat dan jalan kabupaten/kota kewenangan terletak di masing – masing Pemkab/Pemkot.

”Perlu kita sampaikan agar masyarakat agar mengerti bahwa yang menjadi wewenang Pemprov melalui Dinas PUPR Kalsel adalah jalan provinsi  bukan jalan Nasional ataupun jalan kabupaten,” pungkas Wahid. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here