Air Terjun Lok Bungur, Pesona Di Belantara Sawit

0
1125

Tanah Laut – Satu lagi khazanah keindahan tropis hutan Kalimantan Selatan. Masyarakat setempat menyebutnya air terjun Lok Bungur.

Untuk menemukan lokasi air terjun ini cukup sulit karena berada di tengah belantara perkebunan kelapa sawit yang sangat luas. Untuk menuju ke sana bisa lewat Desa Damit Hulu Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut.

Jaraknya dari Damit Hulu lebih dari 10 kilometer. Kesulitannya, apabila tak benar- benar hafal jalan bisa tersesat di tengah perkebunan kelapa sawit. Karena itu disarankan banyak bertanya baik kepada petugas satpam atau pekerja kelapa sawit yang ditemui.

Ada beberapa pos satpam di areal perkebunan sawit tersebut. Letak air terjun berada di kaki sebuah gunung. Tepatnya berada di belakang camp milik perusahaan PT GMK PKS Jorong.

Bila menemui camp tersebut bisa bertanya, karena dari sana harus menempuh jarak sekitar 1-2 kilometer lagi dengan jalan menanjak.

Namun sepanjang jalan dari camp perusahaan tadi ke air terjun cukup indah karena menyusuri sungai berbatu yang masih alami.

Setelah terlihat air terjun, ada sebuah rumah kosong. Air terjun ada dibawahnya sehingga kita harus turun menggunakan tali karena curam.

Suasana sekitar air terjun dikelilingi pegunungan dan masih alami. Sangat jarang warga yang datang ke sini. Bahkan saat Jejakbanua.com mendatanginya, tak satupun terlihat warga  lewat sejak dari camp perusahaan terdekat.

Debit air  terjun turun sangat deras. Di bawahnya banyak bebatuan ukuran besar.

Airnya dingin dan jernih sekali. Menurut petugas Satpam di areal kelapa sawit, air terjun jarang dikunjungi masyarakat karena berada di tengah perkebunan kelapa sawit yang tanpa penunjuk jalan.

Namun bagi yang sudah mengetahui, biasanya datang saat hari Minggu khususnya masyarakat sekitar Desa Damit dan Damit Hulu. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here