Bukit Batilai, Berawal Dari Jalur Crosser Tanah Laut

0
1395

Tanah Laut – Bukit Batilai salah satu tujuan wisata hiking di Kabupaten Tanah Laut Kalsel. Bukit ini terletak di Desa Batilai Kecamatan Takisung,  tepatnya di perbatasan dengan Desa Telaga Kecamatan Pelaihari.

Sejak beberapa tahun belakangan, penggemar hiking kerap menjadikan bukit ini sebagai tujuan.

Selain mudah dijangkau dari Jalan raya menuju Pantai Takisung, bukit ini menawarkan pemandangan yang indah bila berada di puncaknya.

Di kaki bukit kita juga bisa menemukan air terjun mini yang bisa jadi tempat mandi. Namun beda jalur dengan arah menuju puncak bukit yang dinamakan puncak Taluk Lurus.

Ahmad Effendi sebagai pengelola Bukit Batilai mengatakan kebanyakan pengunjung yang datang dari kalangan pelajar dan mahasiswa. “Biasanya mereka camping menginap di bukit saat malam minggu,” kata Effendi.

Bukit Batilai ini mulai dikunjungi untuk camping sekitar 2015. Sebelumnya bukit ini adalah salah satu trek lintasan para pecinta motocross  Tanah Laut.

View Tanah Laut Dari Puncak Taluk Lurus Bukit Batilai


“Mayoritas bukit yang kini jadi wisata di Tanah Laut dibuka pertama kali treknya oleh para crosser pada zaman Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah,” cerita Effendi.

Selain Bukit Batilai, bukit lain seperti Birah, Lebak Naga dan Bukit Telang di Martadah dulunya juga dibuka para crosser Tanah Laut.

“Crosser yang membuka pertama kali bukit -bukit di Tanah Laut yang kini jadi wisata seperti Pak Bambang alamsyah sendiri yang waktu itu masih menjabat bupati, kemudian Awan., Yadi, josto, Rahmadi, Samsu ababil dan saya sendiri,” kata Effendi.

Pembukaan trek bukit dimulai sejak 2012. Saat itu kerap digelar even tingkat lokal hingga nasional di berbagai bukit Tanah Laut salah satunya Bukit Batilai.

Usai berbagai even tersebut tak lagi digelar, jalur yang dulunya arena para Crosser menjajal kemampuan akhirnya jadi jalan pengunjung untuk naik ke bukit. “Sekarang, kalau hari libur baru banyak yang datang ke sini,” kata Effendi. Ary

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini