Rudy Apresiasi Perekonomian Tala Kian Berkembang

0
83

Tanah Laut – Wakil Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Resnawan mengapresiasi kinerja dari Pemkab Tanah Laut yang menunjukan pencapaian positif di berbagai bidang.

Hal tersebut disampaikan Rudy Resnawan pada puncak peringatan Hari Jadi ke-55 Kabupaten Tanah Laut, Senin (14/12) pagi.

“Tadi kita telah mendangarkan laporan Bupati Tanah Laut, alhamdulillah di tengah pandemi Tanah Laut menggoreskan  prestasi yang membanggakan Kalimantan Selatan,” katanya.

Rudy mengucapkan selamat hari jadi ke 55 yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid 19.

“Mudah mudahan rasa kebersamaan kepedulian dan saling membantu diantara kita akan terus menjadi bagian utama yang terus menjiwai perjalanan pembangunan Kabupaten Tanah Laut di masa akan datang,” katanya.

Sementara itu, Bupati Tanah Laut Sukamta, men­yampaikan isu senteral pembangunan 2020 adalah penanganan Covid 19 namun tidak mengenyampingkan pembangunan yang lain. “Kita telah membangun jalan, jembatan, pelabuhan, kita juga melaksanakan program padat karya di desa yang semua itu untuk kepentingan rakyat, memudahkan mobilisasi barang dan jasa agar perekonomian Tanah Laut terus berkembang,” katanya.

Di bidang kesehatan, Pemkab Tala juga memiliki 2 RSUD, 19 Puskesmas, 17 Pusmesmas telah maraih akreditasi Utama serta meningkat kualitas Tenaga Kesehatan, serta meningkatkan keikusertaan Jaminan Kesehatan Nasional yang mencapai 98 persen.

Kondisi pembangunan SDM di Tala hingga 2020 ini cukup me­ng­gembirakan. Hal ini bisa di­ihat dari indikator Indeks Pem­bangunan Manusia (IPM). Lima ta­hun terakhir, IPM Tala m­e­mi­liki trend yang positif naik.

Terakhir pada 2019, IPM Ta­la berada pada angka 69,04 me­ni­ngkat dibanding tahun se­be­lumnya yakni 68,49 atau ter­jadi kenaikan sebesar 0,55 poin.

Sa­at ini pemerintah tetap berusaha be­kerja keras untuk me­ni­ng­katkan nilai IPMmelalui berbagai ke­bijakan pembangunan di bi­dang pendidikan, kesehatan, mau­pun ekonomi.

Peningkatan nilai indikator IPM tidak terlepas dari kinerja bi­dang pendidikan. Pem­ba­ng­un­an infrastruktur pendidikan terus di­lakukan baik penambahan mau­pun rehabilitasi sarana/pra­sa­ra­na proses belajar mengajar.

Meningkatkan perekonomian juga dilakukan di sektor pariwisata, Menurutnya, Pemkab Tala telah mengembangkan obyek wisata bajuin yang telah mati suri puluhan tahun, pengembangan infrastruktur Pantai Takisung dan Pantai Batakan Baru.Syh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here