Forkopimda Kalsel Rakor Mantapkan Pengamanan Natal dan Pergantian Tahun

0
108

Banjarmasin – Dalam menyambut perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalsel dalam rangka kesiapan pengamanan di tengah Pandemi Covid-19, di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Polda Kalsel, Selasa (22/12/2020).

Gubernur Kalimantan Selatan, melalui Penjabat Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar memberikan apresiasi dan terimakasih kepada Polda Kalsel dan jajaran yang telah memberikan kontribusi yang luar biasa dalam memelihara ketertiban dan keamanan di Kalsel, termasuk dalam persiapan pengamanan menjelang perayaan natal dan tahun baru.

“Insya Allah, rakor ini akan memantapkan kesiapan kita dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tentu saja dengan harapan perayaan natal dan tahun baru di Kalsel bisa berjalan dengan tertib, aman dan damai,” kata Roy.

Roy menambahkan, melihat dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, agar pengamanan tahun ini lebih di tingkatkan. Ia meyakini semua pihak bisa memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

“Saya yakin, bahwa kepolisian kita sudah sangat siap dan memetakan situasi dan kondisi yang bisa menimbulkan gangguan keamanan. Untuk itu, saya mengajak semua pihak untuk lebih menguatkan koordinasi dan bersinergi secara aktif demi terwujudnya situasi yang kondusif, kita buktikan bersama kepada seluruh masyarakat bahwa kita berupaya semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan, perlindungan, serta menghadirkan rasa aman bagi seluruh lapisan masyarakat,” tandas Roy.

Sebelumnya, Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto mengatakan, rapat koordinasi ini merupakan rangkaian awal untuk kesiapan dalam menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dalam rangka mengamankan berbagai aktifitas masyarakat di Kalimantan Selatan.

“Menjelang, pada saat dan setelah perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 yang diberi sandi Operasi Lilin Intan 2020,” kata Kapolda Kalsel.

Rikwanto mengungkapkan, pengamanan kegiatan masyarakat dalam suatu momen perayaan Natal dan Tahun Baru tentu tidak akan dapat berlangsung secara optimal, lancar dan sukses apabila tidak ada sinergisitas, komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dari seluruh lembaga/instansi terkait. Maka sangatlah tepat pelaksanaan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral ini sebagai wujud sinergisitas dan tanggung jawab bersama untuk mensukseskan kegiatan masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru.

“Polri selaku pemelihara Kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, memerlukan kerjasama dan dukungan dari semua pihak untuk menciptakan rasa aman, nyaman serta untuk mengantisipasi setiap potensi kerawanan yang dapat muncul menjadi gangguan Kamtibmas,” ucapnya.

Sedang untuk potensi kerawanan baik dalam bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata, Kapolda menyebut bahwa hal tersebut akan selalu seiring dengan meningkatnya aktivitas masyarakat pada momen-momen seperti perayaan keagamaan dan Tahun Baru.

“Maka dengan memperhatikan kondisi dan fakta-fakta saat ini serta prediksi kerawanan, marilah kita optimalkan pelaksanaan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral ini sehingga dapat menyelesaikan setiap permasalahan yang akan muncul dan memberikan solusi terhadap suatu persoalan,” ujar Kapolda Kalsel.

Selain melaksanakan Rakor Lintas Sektoral Pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, dalam kegiatan tersebut juga berlangsung Anev Penanganan Covid-19 wilayah Kalimantan Selatan. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here