Hiking dan Gowes Menikmati Keindahan Puncak Arta

0
348

Banjar – Puncak Arta, spot wisata hiking yang kian ramai dikunjungi. Wisata ini terletak di Tambela Sari Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar Kalsel.

Akses menuju wisata ini  dapat ditempuh menggunakan roda dua hingga sekitar 200 meter dari titik Puncak Arta yang tingginya kisaran kurang dari 200 mdpl.

Di sana ada gerbang loket bayar masuk sekaligus parkir sepeda motor yang dipungut Rp 10 ribu. Jalan menuju lokasi parkir harus melalui jembatan kayu melintasi Sungai Aranio. Kemudian ada jalan semen yang sudah banyak rusak dan licin ketika hujan.

Setelah parkir, menuju puncak harus berjalan kaki. Ada dua titik puncak, yang keduanya punya view yang menawan.

Di Puncak Arta kita bisa melihat pesona alam Aranio yang hijau dan dihiasi banyak bukit-bukit.

Dari kejauhan juga nampak hilir mudik kelotok di Waduk Aranio.

Edwan, salah satu pengelola Puncak Arta mengatakan keberadaan wisata ini sudah sejak setahun belakangan. “Ramai dikunjungi mulai Jumat sampai Minggu, bahkan banyak yang camping  di Puncak Arta karena mereka ingin melihat sunset,” kata Edwan.

Kunjungan biasanya ramai waktu sore sampai malam hari. Wisata ini dikelola oleh Pokdarwis Tambela Sari.

“Namun ke depannya ada rencana bekerjasama dengan pihak Tahura Sultan Adam dalam pengelolaan karena memang Puncak Arta masuk areal Tahura,” kata Edwan.

Rencananya apabila Tahura Sultan Adam ikut mengelola maka akan diperbaiki jalan menuju parkir dari perkampungan penduduk.

Wisata alam Puncak Arta merupakan satu diantara sekian banyak spot wisata di Kecamatan Aranio. “Wisata Puncak Arta ini juga jadi tempat Gowes di pegunungan oleh komunitas Gowes,” tambah Edwan.

Edwan bersama komunitas Gowes juga sudah pernah membuka jalan menuju Bukit Jepun yang berada sekitar 700 meter dari Puncak Arta. “Tapi belum akan kita buka karena jalannya masih hutan lebat dan banyak pohon besar,” katanya.

Terakhir Ia berpesan agar para pengunjung Puncak Arta memperhatikan sampah agar dibuang ke tempat yang telah disediakan. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here