Pantai Joras Nan Indah Kini Sepi Pengunjung

0
612

Tanah Laut – Pantai Joras atau ada pula yang menyebut pantai menara terletak di wilayah Desa Karang Rejo atau Trans 300  Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut. Letaknya tepat di samping dermaga Pelabuhan Laut Pelaihari yang baru saja diresmikan.

Pantai ini pernah ramai dikunjungi karena di bibir pantai ada mercusuar yang berdiri tegak hingga sekarang. Bahkan mercusuar itu dulu kerap dinaiki pengunjung hingga ke atas menaranya.

Pantainya indah dan alami karena letaknya berjauhan dari pemukiman penduduk. Banyak jejeran pohon cemara di sekitar pantai.

Namun seiring waktu Pantai Joras bak hilang pamor. Disambangi Jejakbanua.com baru-baru tadi, suasana pantai sangat sepi. Tak seorang pun pengunjung yang datang walau saat hari libur.

Ada satu atau dua warga, yang tampak sedang memancing di bibir pantai. “Sudah lama mas sepi, pantai tak lagi dikelola oleh masyarakat, saya di sini menemani suami memancing,” kata Sumi warga Trans 200 Jorong.

Pantai Joras menurutnya memang kerap jadi tempat memancing oleh warga. Namun dilarang memasuki area dermaga pelabuhan Pelaihari untuk memancing.

Bekas pantai ini pernah jadi  lokasi wisata masih nampak dengan banyaknya sampah berserakan di pantai. Ada beberapa bekas bangunan warung dari kayu serta bangunan WC umum yang sudah rusak.

Walaupun sudah tak dikelola lagi jadi lokasi wisata namun pemandangan di pantai tetap indah. Khususnya dihiasi mercusuar dan pelabuhan laut Pelaihari yang menjorok ke laut.

Di bibir pantai, rumput alami menghijau. Ada juga terdapat sapi milik warga yang digembalakan di sekitar pantai.
Untuk diketahui bekas wisata Pantai Joras tepat berada di samping Pelabuhan Pelaihari yang baru saja diresmikan beroperasi oleh Pemkab Tanah Laut. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here