Keindahan Bukit Alimpung

0
133
Pemandangan di Puncak Bukit Alimpung – foto – foto :Ahmad Arya/Jejakbanua

Banjar – Bukit Alimpung salah satu bukit yang ada di Desa Tiwingan Lama Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar. Bukit ini menjadi salah satu spot camping di alam pegunungan Meratus.

Terdapat menara pantau kebakaran hutan dan lahan di puncak bukit. Untuk menuju ke Bukit Alimpung, bisa dengan jalan kaki dari kawasan Pelabuhan Tiwingan Lama. Trek jalannya sudah di semen namun naik turun. Di beberapa titik jalan, semennya sudah rusak. Jalan ke Bukit Alimpung kita melewati kaki bukit Matang Kaladan.

Sepanjang perjalanan kita menyaksikan pemandangan waduk Riam Kanan yang banyak berseliweran kapal bermotor atau kelotok.

Diperkirakan jarak Desa Tiwingan Lama ke Bukit Alimpung kurang lebih 2 kilometer.

Di kaki bukit Alimpung kita juga tersedia taman dengan fasilitas bangku dan gazebo. Walaupun kondisinya saat ini tak terawat lagi namun tak mengurangi pemandangan nan hijau di sekitarnya.

Kawasan Bukit Alimpung dikelola oleh Kelompok Tani Hutan (KTH) Alimpung. Terdapat gazebo pertemuan KTH Alimpung tak jauh dari bukitnya.

Dermaga Alimpung

Kawasan Alimpung juga dilengkapi fasilitas dermaga kayu ulin yang panjang di Waduk Riam Kanan. Jaraknya sekitar 500 meter dari kawasan Bukit Alimpung.

Selain jalan kaki, kita juga bisa mendatangi Bukit Alimpung dengan mencarter kelotok dari dermaga Tiwingan Lama.

Dari dermaga Alimpung kita bisa melihat keindahan waduk Riam Kanan dan melihat lalu lalang lalu lintas air ke berbagai desa di sana. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here