Banjar dan Tanah Laut Diterjang Banjir

0
176
Banjir di Kecamatan Bati- Bati Kabupaten Tanah Laut foto : BPBD Tanah Laut dan Dinsos Kalsel

Banjar – Banjir menerjang sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan, Selasa (12/1/2021). Banjir terjadi bersamaan dengan puncak musim penghujan, dimana dalam beberapa hari terakhir intensitas hujan tinggi setiap harinya.

Pantauan Jejakbanua.com ada dua kabupaten kali ini yang diterjang banjir dalam beberapa hari terakhir, yaitu kabupaten Banjar dan Tanah Laut.

Di Kabupaten Banjar, banjir besar terjadi di berbagai kecamatan seperti Kecamatan Sei Pinang, Pengaron, Astambul, Martapura, Martapura Timur, Martapura Barat, Sei Tabuk, Karang Intan dan Mataraman.

Di Kecamatan Pengaron berbagai desa mengalami banjir besar, ketinggian air bahkan hampir menggenangi atap rumah warga. Diantaranya di Desa Benteng, Pengaron, Antaraku, Lok Tunggul, Mangkauk, Sungai Raya dan Lobang Baru.

Hal ini tentu saja melumpuhkan aktivitas warga setempat. Sejumlah warga yang rumahnya diterjang banjir mengevakuasi diri ke daerah non banjir atau di rumah sanak keluarganya yang tak kebanjiran.

Sementara di Tanah Laut, banjir menggenangi berbagai desa di Kecamatan Kurau, Bumi Makmur, Pelaihari, Takisung, Jorong, Bati-Bati, Tambang Ulang, Bajuin dan Kintap.

Banjir juga menggenangi jalan nasional di Kecamatan Bati-Bati. Akibatnya terjadi kemacetan di ruas jalan Banjarbaru – Bati-Bati. Sebuah waduk di Desa Benua Tengah Kecamatan Takisung jebol hingga air menggenangi ratusan rumah warga setempat.

Sejumlah warga diungsikan  ke tempat pengungsian yang sudah disediakan BPBD setempat. Sementara ada juga warga yang bertahan di rumahnya untuk berjaga-jaga.

Plt Kepala BPBD Kalsel Mujiat saat dikonfirmasi via WhatsApp mengatakan pihaknya sudah terjun ke lapangan bekerjasama dengan BPBD Kabupaten/kota dalam rangka melakukan tindakan tanggap darurat. “Kita melakukan Rekayasa penanganannya, kita lakukan pengungsian bagi daerah yang terdampak cukup dalam, kemudian mendirikan dapur umum oleh BPBD kab/kota dan di back up oleh BPBD prov kalsel dan dinsos prov,” kata Mujiat. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here