Pemprov Kalsel Salurkan Bantuan Makanan Hingga Evakuasi Korban Banjir

0
84

Banjar – Gerak cepat, Pemerintah Provinsi Kalsel menerjunkan tim ke berbagai lokasi banjir, Rabu (13/1/2021) siang. Salah satunya di daerah banjir wilayah Kabupaten Banjar.

Mendapatkan perintah langsung dari Gubernur Sahbirin Noor,personel BPBD Provinsi Kalsel  terjun ke lapangan untuk melakukan penanganan tanggap darurat yang diperlukan oleh masyarakat terdampak. “Sesuai arahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, kita langsung terjun ke lokasi banjir dan kita utamakan keselamatan warga yang masih ada terjebak banjir di rumahnya,” kata Plt Kepala BPBD Kalsel Mujiat.

Menurut Mujiat, pihaknya telah melakukan evakuasi warga korban banjir di Desa Tunggul Irang Kecamatan Martapura. “Di desa Tunggul Irang juga diberikan bantuan untuk kelompok rentan ( balita dan Manula ) seperti susu dan lain-lainnya,” tambah Mujiat.

Selain itu ada penyerahan bantuan bahan pokok kepada masyarakat yang terdampak  banjir di Desa Sungai Batang RT. 1, Desa Dalam Pagar, dan Kampung Melayu yang semuanya masuk wilayah Kabupaten Banjar.

Mujiat menyatakan pihak BPBD Provinsi akan bersinergi dalam penanganan korban banjir dengan pemerintah kabupaten/kota. “Yang paling utama adalah menjaga keselamatan warga agar tak jatuh korban jiwa, selain itu bantuan makanan, kita juga mengimbau masyarakat secara luas untuk peduli terhadap korban musibah banjir,” kata Mujiat.

Sementara Pembakal Asnan mewakili masyarakat Kampung Melayu mengucapkan bersyukur atas apresiasi dan  kepedulian Pemprov Kalsel terhadap warganya yang ikut terdampak atas musibah ini.

Sebelumnya Gubernur Kalsel Paman Birin memerintahkan kepada Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan dinas dinas lain untuk selalu melakukan koordinasi dengan instansi vertikal di daerah seperti Basarnas dan lain-lain untuk efektivitas tugas.

Paling penting lagi, lanjutnya, membantu pemerintah daerah di lokasi banjir untuk mempersiapkan  atau tempat tempat evakuasi masyarakat.

“Kerahkan semua sumber daya yang kita miliki untuk membantu rakyat. Jangan sampai ada masyarakat yang tercecer dari perhatian pemerintah,” ingatnya

Paman Birin juga mengingatkan pentingnya data data dan peta lokasi terkini wilayah terdampak banjir.

Segera laporkan per jam tentang situasi terkini masyarakat terdampak banjir. Semua harus berkolaborasi dalam.membantu penanganan,” pintanya.

Dapur dapur umum dan tempat evakuasi harus dipastikan tersedia di lokasi lokasi tempat banjir. Semua bekerja mengacu tata aturan dan kewenangan dengan tetap memperhatikan kondisi rakyat.

Dinas kesehatan provinsi juga harus sigap dalam memberikan bantuan sesuai bidang tugas masing masing. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here