Banjir Putuskan Jalan Nasional Banjar – Banua Enam

0
272

Banjar – Ruas jalan nasional antara Kabupaten Banjar dengan wilayah banua enam lumpuh total setelah satu jembatan penghubung putus diterjang banjir. Kejadian diperkirakan dinihari tadi Kamis (14/1) setelah wilayah tersebut secara terjadi hujan intensitas tinggi selama seharian penuh.

Pantauan Jejak Banua.com, akibat jalur utama dari arah Hulu Sungai ke Banjarmasin ini putus, pengendara dari Hulu Sungai diarahkan menuju jalan hauling di Jl A Yani KM 71 (jalan angkutan batubara) menuju pelabuhan PT Talenta di Bakumpai Batola. Atau bisa juga melewati jalan batubara PT Hasnur di Jl A Yani KM 94 menuju Sei Puting Batola hingga tembus ke Banjarmasin. Sementara yang dari arah Banjarmasin menuju Hulu Sungai, sementara bisa lewat Pingaran tembus jalan lingkar Mataraman. Namun itu khusus untuk kendaraan roda dua dan mobil pribadi. 

Kabid Bina Marga PUPR Kalsel Yasin Toyib saat dihubungi via telpon mengatakan pihak balai besar pelaksanaan jalan nasional wilayah XI Kalsel maupun Dinas PUPR Kalsel sudah melakukan koordinasi sehari sebelumnya sebelum jembatan Bawahan Selan benar-benar ambruk. “Sudah terpantau pihak balai besar jalan nasional sehari sebelumnya, jembatan waktu itu sudah hampir runtuh karena arus sungai yang deras dan meluap,” kata Yasin.

Untuk penanganan darurat, pihak Balai jalan nasional akan mendirikan tiang pancang di samping optik jembatan. “Rencana sementara disamping oprit mau di pancang, baru diurug dengan karung isi pasir,” kata Yasin.

Dinas PUPR telah berkoordinasi dengan pihak balai jalan nasional. “Perbaikan biasanya menunggu air agak surut dulu,” kata Yasin.

Jembatan yang putus merupakan penghubung dua kecamatan di Kabupaten Banjar yaitu Danau Salak Astambul dan Bawahan Selan Mataraman. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here