Banjir Kalsel Meluas, Puluhan Ribu Jiwa Terdampak

0
253

Banjarmasin – Banjir parah di Provinsi Kalsel kian meluas hingga Jumat  (15/1) malam. Hingga hari ini banjir melanda setidaknya di 8 Kabupaten/Kota.

Daerah dilanda banjir adalah Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tapin, Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, Tabalong dan Batola. Berdasarkan data yang telah direkam Dinsos Kalsel Total masyarakat terdampak banjir di 8 kabupaten sebanyak 84.438 jiwa atau 22.765 kepala keluarga. Sementara data dari Batola dan Tabalong belum masuk.

Kadinsos Kalsel Hj Siti Nuriyani diwakili Kasi Perlindungan Sosial H Achmadi mengatakan  data tersebut masih sementara karena masih akan berkembang menunggu laporan tim di lapangan masuk.

Dinsos Kalsel sendiri telah mendirikan beberapa titik dapur umum untuk bantuan tanggap darurat terdampak banjir di berbagai wilayah. “Diantaranya pendirian dapur umum di halaman Kantor Dinsos Banjarbaru, halaman Kantor Camat Kurau Tanah Laut, halaman Musholla Darussalam Bati-Bati, Halaman Kantor Dinsos Banjar, dan halaman Kantor Dinsos HSS, terbaru kita dirikan dapur umum di halaman kantor Kecamatan Banjarmasin Timur serta halaman kantor pos Danau Salak,” papar Achmadi.

Rencananya, besok Sabtu (16/1) bertempat di halaman kantor Dinsos Kalsel juga akan dibuka dapur umum khusus melayani para Terdampak banjir di wilayah Banjarmasin.

Pantauan Jejakbanua, Akibat banjir berbagai fasilitas infrastruktur jalan,  rumah warga hanyut dibawa arus bahkan terjadi longsor yang memakan korban jiwa.

Banjir bukan saja menerjang wilayah dataran rendah namun juga wilayah dataran tinggi seperti Kecamatan Loksado HSS, Bajuin Tanah Laut, dan Kecamatan Hantakan HST. Banjir bandang berdaya rusak tinggi melanda kedua daerah itu Kamis (14/1) Kemaren.

Bahkan di Kecamatan Hantakan, ratusan rumah porak poranda dan diperkirakan mengakibatkan korban jiwa. Korban masih dalam pencarian Tim SAR hingga kini.

Dua jembatan putus di jalur jalan nasional antar kabupaten seperti di Kelurahan Pabahanan Tanah Laut dan Desa Bawahan Selan Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar.

Akibat curah hujan tinggi, terjadi Longsor menimbun rumah warga di Desa Guntung Besar Tanah Laut dan berakibat fatal 4 korban ditemukan tewas. Longsor juga terjadi di wilayah Tungkaran Buah Tanah Laut, satu korban masih dalam pencarian Tim SAR setempat.

Kejadian longsor juga menutup badan jalan di Desa Hulu Banyu antara Kecamatan Padang Batung dan Loksado HSS. 

Ketinggian air di beberapa titik banjir hingga mencapai atap rumah warga seperti di Barabai, Pengaron dan Bati-Bati.

Warga Terdampak banjir selain mengungsi ke rumah keluarga juga menginap di tempat pengungsian di berbagai kecamatan yang didera banjir. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here