Jokowi Temui Pengungsi Banjir dan Pantau Kerusakan Jembatan

0
373

Banjar – Alhamdulillah. Presiden RI Joko Widodo kembali menginjakkan kakinya di Bumi Lambung Mangkurat. ⁣Kali ini dalam rangka lawatan meninjau bencana banjir yang saat ini sedang terjadi di berbagai wilayah Kalsel.

⁣Kedatangan Jokowi disambut Gubernur Sahbirin Noor serta Forkopimda Kalsel,  Pangdam VI/Mulawarman di Pangkalan TNI AU Syamsudin Noor, Banjarbaru, Senin (18/1/2021) siang.

Rombongan langsung menuju Jembatan besi di Desa Pekauman memantau kondisi banjir yang sedang terjadi. Kedatangan Jokowi di sana disambut hujan yang cukup deras.

Turut mendampingi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan  Kepala BNPB Doni Monardo. Presiden dan rombongan tiba sekitar pukul 13.26 Wita dan disambut hujan deras. Sehingga agenda memantau banjir menggunakan perahu karet milik marinir yang standby di bawah jembatan dibatalkan.⁣

Presiden hanya memantau dari atas jembatan menggunakan payung kemudian berjalan menuju sisi bagian timur jembatan menemui masyarakat seiring hujan mereda dan sempat membagikan paket sembako. ⁣

Selain itu ia juga berbincang dan memberikan arahan kepada Menteri PUPR dan Gubernur Kalsel terkait penanganan dampak banjir.

Usai ⁣di Pekauman, rombongan menuju Jembatan Salim Desa Banua Anyar Jl A Yani KM 55 di perbatasan Mataraman dan Astambul yang putus diterjang banjir. Jembatan berada di jalan nasional antar provinsi sehingga sangat vital dan perlu penanganan darurat.

Kunjungan Jokowi ke Kalsel diakhiri dengan menemui pengungsi banjir di Stadion Demang Lehman Martapura. Kedatangan di Demang Lehman disambut Sekda Kalsel Roy Rizali serta Bupati Banjar KH Khalilurrahman beserta jajaran.

Jokowi juga menyempatkan menyapa sekaligus berbicara langsung dengan para pengungsi yang ada di sana. Setelah membagikan paket bantuan kepada para pengungsi, Jokowi meninggalkan tempat untuk kemudian menuju Bandara Syamsuddin Noor.

Kepulangan Jokowi diantarkan langsung oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor serta Forkopimda.
Usai kepulangan Jokowi, Paman Birin mengatakan mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI yang telah menyampaikan berhadir di Kalsel dan sekaligus berbagi dengan para korban banjir.

“Atas nama masyarakat Kalsel, Gubernur mengucapkan terima kasih atas kepedulian pemerintah pusat yang hadir untuk membantu masyarakat terdampak banjir di Kalsel,” kata Paman Birin

Menurutnya, kedatangan presiden untuk memantau situasi terkini banjir bandang yang melanda Kalsel. “selain itu Presiden ingin memastikan bantuan kemanusiaan bagi korban banjir tersalurkan dengan baik. Dan kebutuhan-kebutuhan lain bagi warga terdampak, termasuk kerusakan fasilitas dan infrastruktur,” terang Paman Birin. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here