BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor melepas armada mengangkut bantuan berupa Al-Quran dan peralatan sholat untuk korban banjir di Kalsel, Sabtu (30/1/2021) pagi di halaman Mahligai Pancasila, Banjarmasin.

Gubernur Sahbirin Noor mengungkapkan bangga dan apresiasi nya atas inisiasi masyarakat bantuan berwujud alat perlengkapan salat dan Al-Quran.

Dikatakan, Kalsel saat ini masih dilanda musibah banjir dan sangat memerlukan bantuan, tidak hanya berupa logistik dan lain-lain, namun juga peralatan ibadah dan kitab suci Al-Quran juga sangat diperlukan.

“Kalsel sampai saat masih dilanda banjir dan seluruh masyarakat kita sedang mengalami kesusahan karena musibah ini. Tidak hanya korban jiwa, banyaknya tempat ibadah dan sarana menuntut ilmu agama, seperti tempat pengajian dan lainnya juga ikut terendam banjir. Maka dari itu bantuan seperti Al-Quran, Buku Iqro dan peralatan sholat juga penting untuk disumbangkan,” ucap pria akrab disapa Paman Birin.

Sementara itu, Relawan penggalang dana atau donasi Al-Quran untuk korban banjir Kalsel, Naimah mengungkapkan dirinya bersama dengan relawan lainnya berinisiatif melakukan penggalangan dana atau donasi Al-Quran.

Ini karena melihat banyaknya tempat ibadah dan sarana pembelajaran ilmu agama yang terdampak musibah banjir.

“Banyak sekali tempat ibadah dan tempat menuntut ilmu agama yang terendam, bahkan tidak sedikit Al-Quran, Iqro, Yasin dan alat sholat yang terendam banjir dan tidak sempat diselamatkan, ” terangnya.

Untuk itu, sebut Naimah, ia dan teman-teman relawan lainnya berinisiatif untuk menggalang dana atau donasi Al-Quran ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, baik dari Kalsel ataupun luar yang telah menyumbangkan barang dan uangnya untuk keperluan ibadah masyarakat Kalsel yang terdampak musibah banjir,” ucap Naimah.

Naimah menambahkan, selain bantuan dan donasi dari masyarakat, dirinya beserta tim juga mendapatkan bantuan dari Gubernur Kalimantan Selatan.

“Alhamdulillah, selain bantuan dari masyarakat yang sungguh luar biasa, kita juga dapat bantuan dari Paman Birin, dengan total keseluruhan 45.162.578 juta rupiah dalam kurun waktu 5 hari, dari tanggal 24 – 28 Januari 2021. Insya Allah hari ini kami akan mulai mendistribusikan, mulai dari Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan HST,” tandasnya.

Untuk diketahui, tim relawan penggalangan dana dan donasi Al-Quran untuk korban banjir di Kalsel akan menyalurkan Al-Qur’an sebanyak 850 buah, Iqro 1200, Yasin 1000, Jus’amma 600, sajadah 350, sajadah imam 25, juga ratusan sarung, mukena, peci dan gamis serta alat kebersihan lainnya seperti sapu, keset dan ada juga baju-baju bekas layak pakai. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here