Pramuka Kalsel Tebar Bantuan di HST

0
201

Barabai – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Selatan terus bergerak menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi korban banjir di berbagai wilayah banua. Kali ini Kwarda Pramuka Kalsel yang dipimpin Hj Raudatul Jannah kembali terjun ke lapangan mengunjungi Kabupaten HST, Minggu (31/1). Bantuan logistik bagi korban banjir diserahkan kepada Wakil Bupati Kabupaten Hulu Sungai Tengah Berry Nahdian Furqan di posko induk tanggap darurat bencana banjir Stadion Murakata, Barabai.

Ketua Kwarda Pramuka Kalimantan Selatan Hj Raudatul Jannah mengatakan, bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian Kwarda Pramuka terhadap musibah yang terjadi. Apalagi, skala bencana alam ini relatif besar dan berdampak sangat luas bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan bantuan ini dapat membantu meringankan para korban bencana banjir, agar masyarakat dapat bangkit kembali,” katanya.

Menurut Bunda Odah, selain memberikan bantuan sosial, Kwarda Pramuka Provinsi Kalimantan Selatan juga menjadikan gedungnya untuk menjadi tempat pengungsian bagi masyarakat.

“Kami juga membuka ruang di gedung Kwarda untuk kedatangan pengungsi, kami tampung dan dilayani dengan baik,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, istri dari orang nomor satu di Pemprov Kalsel itu juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga dapat menekan penyebaran Covid 19.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, kami berharap seiring dengan berlalunya banjir semoga Covid 19 juga semakin melandai,” katanya.

Adapun bantuan yang diberikan Kwarda Pramuka diantaranya beras, mie instan, air mineral, pampers, pembalut wanita, selimut, obat-obatan, susu bayi, bedak, masker dan pakaian.

Setelah di Stadion Murakata, Ketua Kwarda Pramuka Kalsel juga menyempatkan kunjungan ke Desa Baru/Wake Kecamatan Batu Benawa. Dalam kunjungan itu,  Ketua Pramuka Kalsel menyerahkan bantuan kepada Camat Batu Benawa. Desa Baru seperti diketahui salah satu desa yang Terdampak parah akibat banjir.

Sebelumnya, Tim Pramuka Kalsel juga membagikan bantuan di berbagai daerah Terdampak banjir di Kalsel.
Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Hulu Sungai Tengah Berry Nahdian Furqon mengucapkan terima kasih atas bantuan logistik yang diberikan Kwarda Pramuka.

Menurutnya, banjir bandang yang dialami daerahnya sejak 14 Januari 2021 telah memakan korban 7 orang dan 3 orang dinyatakan hilang.

Selain itu, bencana terbesar ini juga mengakibatkan 187 rumah yang hilang ,3000 an lebih rumah yang rusak, 21 ribu rumah terendam serta 88 ribu jiwa terdampak.

Berry juga menyampaikan, daerahnya  memperpanjang masa tanggap darurat bencana selama 7 hari ke depan, dimana sebelumnya bumi murakata telah ditetapkan Tanggap Darurat Bencana selama 14 hari. (syh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here