Dinkes Kalsel Serahkan Bantuan Gubernur di Hantakan

0
599

Barabai – Tim Dinas Kesehatan Kalsel     Rabu (3/2/2021) mengunjungi Desa Hantakan Kecamatan Hantakan Hulu Sungai Tengah untuk menyerahkan bantuan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor berupa kebutuhan personal higienis kepada masyarakat Terdampak banjir di wilayah tersebut. Bantuan diserahkan oleh Kadinkes Kalsel HM Muslim kepada Pejabat Sekda HST Faried Fakhmansyah dan Kadinkes HST Drg Kusudiarto di Kantor Kecamatan Hantakan.

Usai penyerahan bantuan, Muslim mengatakan dalam kunjungan ke HST ini selain menyerahkan bantuan gubernur juga memantau kerusakan fasilitas kesehatan di Hantakan yang rusak akibat banjir. “Kita juga sedang melakukan pendataan terkait berbagai kerusakan fasilitas kesehatan termasuk salah satunya yang ada di Kecamatan Hantakan tersebut,” kata Muslim.

Data tersebut nantinya juga akan dilaporkan kepada Gubernur Kalsel dan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan. “Kita berupaya semaksimal mungkin membuat data akurat terkait dampak bencana banjir bagi infrastruktur kesehatan sesuai arahan gubernur,” kata Muslim.

Adapun bantuan personal hygienis yang diserahkan berupa peralatan mandi, handuk, sarung, celana dalam wanita, minyak telon dan minyak kayu putih.

Usai memantau dampak banjir di Hantakan, Tim Dinkes Kalsel mendatangi instalasi farmasi Dinkes HST di Kota Barabai. Kunjungan ini untuk mengecek mutu dan keamanan vaksin Covid yang sedang disimpan di sana. “Alhamdulillah vaksin Covid terjaga dengan baik dan aman, dan siap digunakan untuk vaksinasi Covid  lanjutan bagi para tenaga kesehatan HST nantinya,” kata Muslim.

Dalam upaya penahanan banjir, Dinkes Kalsel bukan hanya menerjunkan ratusan tenaga kesehatan tapi juga mengerahkan tim krisis kesehatan. “Tujuan kita menerjunkan tim krisis kesehatan ini sebagai upaya memulihkan kesehatan masyarakat Terdampak banjir termasuk melakukan pendataan fasilitas kesehatan yang Terdampak banjir,” kata Muslim.

Dalam penanganan banjir di Kalsel, tercatat ada 1114 tenaga kesehatan diterjunkan termasuk 150 diantaranya dari rekawan kesehatan Dinkes Kalsel. Selain mendirikan pos kesehatan di lokasi pengungsian, Dinkes Kalsel melakukan layanan mobile ke daerah sulit terjangkau akibat banjir. Ary

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini