Banjar – Dalam urusan kemanusiaan, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor berkomitmen dengan terjun langsung ke lapangan baik secara resmi atau pribadi.

Terakhir Selasa (2/2/2021) malam hingga Rabu (3/2/2021) pagi tadi ia mengunakan motor trail untuk menerobos daerah banjir di wilayah Kabupaten Banjar. Salah satunya di Desa Munggu Raya Kecamatan Astambul yang jalanannya masih tergenang air cukup dalam.

Paman Birin dan rombongan mengunakan motor trail karena di beberapa titik jalan mengalami banjir dan rusak. Sementara angkutan logistik dibawa mengunakan mobil.

Namun untuk mengantarkan  bantuan ke beberapa titik pemukiman warga harus menggunakan jukung karena kedalaman air tinggi.

Dalam perjalanan, Gubernur Kalsel juga menyambangi daerah banjir di  Desa Keliling Benteng Kecamatan Martapura Barat, Kemudian menuju Desa Dalam Pagar, Akar Baru, Akar Bagantung, dan terakhir di Desa Pematang Danau Kecamatan Astambul.
Selain membagikan bantuan pribadi, Paman Birin juga menyalurkan bantuan presiden RI berupa paket sembako serta masker.

Selain menemui masyarakat Terdampak banjir, Paman Birin juga silaturahmi ke rumah almarhum Guru Irsyad di Desa Dalam Pagar. Kehadirannya disambut anak-anak almarhum.

Begitu pula di Pematang Danau, Gubernur menyempat silaturahmi ke rumah Guru Ahmad Sadjali, tokoh ulama setempat.

Sementara Jasmani Kades Munggu Raya, mewakili masyarakat mengucap Terima kasih kepada Paman Birin. “Semoga amal jariah dan kebaikan beliau dibalas oleh Allah, mendapatkan berkah, dimudahkan urusan sebagai pemimpin banua dan dipanjangkan umurnya,” doanya.

Ditemui di sela pembagian bantuan ke berbagai desa, Paman Birin mengatakan kegiatan turun ke berbagai lokasi banjir ini sebagai bentuk nyata upaya penanganan masyarakat korban banjir selama masa tanggal darurat. “Kita ingin memastikan semua masyarakat korban bencana banjir ini dapat bantuan secara merata dan hingga ke daerah pelosok,” kata Paman Birin.

Iapun mengajak semua pihak bahu membahu bekerjasama dalam penanganan tanggap darurat bencana banjir saat ini. “Bantuan sekecil apapun akan bermanfaat bagi mereka yang Terdampak bencana banjir, kita imbau semuanya peduli korban banjir,” kata Paman Birin.

Paman Birin juga berharap pemerintah pusat dapat  membantu Kalsel dalam upaya mempercepat pemulihan ekonomi pasca bencana. “Kita mohon dukungan dan arahan bapak presiden dan jajaran kementerian terkait upaya rehabilitasi dampak bencana seperti di bidang infrastruktur, pertanian, perkebunan, sosial ekonomi dan sektor-sektor kehidupan masyarakat lainnya,” ujar Paman Birin. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here