Banjarmasin – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin  menerima Anugerah Pena Emas dari PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Pusat, Kamis (4/1) sore secara virtual dari Mahligai Pancasila Banjarmasin. Forum PWI terdiri dari anggota Dewan Kehormatan PWI, dan dipimpin Ketua PWI Pusat Atal S Depari secara aklamasi mengumumkan bahwa Paman Birin mendapatkan Anugerah Pena Emas. Hal ini setelah melalui sidang khusus Dewan Kehormatan PWI Pusat dan mendengarkan orasi yang bersangkutan secara virtual.

PWI Pusat menyatakan Gubernur Kalsel menerima Anugerah Pena Emas dengan nilai yang sangat memuaskan setelah mendengarkan pemaparannya mengenai upaya membangun sinergi dengan pers dalam rangka mendukung pembangunan di Kalsel.

“Penilaian ini juga diberikan setelah melihat dedikasi dan upaya yang beliau lakukan dalam mengembangkan pers untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di Kalsel,” kata Atal Depari.

Penyerahan SK dan plakat Anugerah Pena Emas rencana akan diserahkan pada 9 Februari 2021 saat pembukaan Hari Pers Nasional di Jakarta.

Untuk diketahui Anugerah Pena emas ini merupakan tanda penghargaan tertinggi yang diberikan oleh persatuan wartawan indonesia (PWI) kepada siapapun yang dinilai mempunyai jasa luar biasa di dalam mengembangkan pers Nasional di Indonesia.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor tercatat sebagai orang ke 5 di Kalsel yang menerima penghargaan Pena Emas. Sebelumnya adalah HM Said, Gusti Hasan Aman, Rudy Ariffin, dan Sulaiman HB. Secara nasional, Paman Birin adalah tokoh ke 42 menerima penghargaan serupa. Anugrah Pena Emas dilaksanakan sejak 1976 dengan penerima pertama adalah Sumanang seorang tokoh pers nasional.

Ditemui usai penganugrahan pena emas secara virtual, Paman Birin mengatakan penganugrahan Pena Emas ia dedikasikan kepada masyarakat dan para tokoh banua. “Karena tokoh Kalsel sebelumnya juga ada yang menerima Pena Emas, jadi ini luar biasa sekali ya, Kalsel banyak memiliki tokoh-tokoh yang berperan besar dalam kemajuan pers,” kata Paman Birin.

Dengan Anugerah Pena Mas, Paman Birin mengatakan bahwa inilah bukti bahwa sebenarnya sinergitas pemerintah provinsi Kalsel dengan pers atau media sudah berjalan dengan baik. “Hari ini kita buktikan bahwa  sinergi pemerintah daerah dan media sudah terjalin dengan baik, dimana pers menyampaikan informasi akurat dan bersifat membangun dan memberikan pemahaman yang benar kepada publik,” katanya.

Mudah-Mudahan dengan adanya sinergi yang baik dengan pers ini dapat memberikan dampak yang baik bagi pembangunan di banua selanjutnya. “Luar biasa dengan adanya Pena Emas ini, kita ucapkan terima kasih kepada PWI Pusat, PWI Kalsel, seluruh dangsanak pekerja media di banua dan masyarakat Kalsel umumnya, Anugerah ini berkat kerjasama yang baik antara kita semua, dan ini penghargaan buat semuanya,” ujar Paman Birin.

Sebelumnya dalam penyampaian orasi secara virtual di hadapan Forum Dewan Kehormatan PWI Pusat,  Paman Birin didampingi tokoh pers Kalsel HG Rusdi Effendy, Pembina PWI Kalsel Fathurrahman, Ketua PWI Zainal Helmi beserta jajaran, Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar serta unsur pimpinan SKPD Pemprov Kalsel. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here