Nurliani Bersyukur Dapat Berkunjung ke Datar Ajab

0
156

Barabai – Tiba di Desa Datar Ajab II Kamis (11/2/2021) siang, Kadispersip Kalsel Hj Nurliani justru bersyukur. Pasalnya, untuk menuju desa yang berada di Kecamatan Hantakan tersebut, Nurliani bersama rombongan tim Palnam peduli harus melewati perjalanan menegangkan.

Selain kondisi jalan rusak di beberapa titik juga terdapat tanjakan curam khususnya setelah melewati Dusun Arangani. Desa Datar Ajab merupakan daerah Terdampak banjir bandang cukup parah di HST. Bahkan sempat terisolir akibat jalan menuju ke sana tertutup longsor.

Kontur jalan yang melewati perbukitan dan di sisi kanannya sungai, membuat jalan menuju ke sana cukup rawan.

“Alhamduillah kami dapat sampai ke desa ini, walau kami harus melewati jalan yang menegangkan, guna menyalurkan bantuan semampu kami untuk warga, dan menghibur anak-anak di sini,” kata Nurliani.

Desa Datar Ajab dipilih karena lokasinya yang jauh dari kota, dan banyak warga yang kehilangan rumah akibat banjir dan longsor.

Untuk sampai di desa tersebut, rombongan Tim Palnam Peduli menempuh perjalanan selama empat jam melewati jalan yang cukup ekstrem penuh dengan lumpur dan tanjakan yang curam.

“Di tengah perjalanan, tim kami sempat terjatuh saat menggunakan motor trail, hingga mengakibatkan luka di bagian lengan,” ucap Nurliani.

Namun syukurnya dapat pertolongan masyarakat setempat. Sebelum mengunjungi Datar Ajab Tim Palnam peduli juga mengunjungi Dusun Arangani untuk membagikan bantuan korban banjir bandang dan menghibur anak-anak sebagai upaya trauma healing.

Sambutan masyarakat di kedua wilayah Terdampak banjir itu cukup baik terhadap Tim Palnam Peduli.

“Suatu kehormatan bagi kami Tim Palnam Peduli bisa tampil dan memberikan hiburan kepada anak-anak khususnya di Balai Adat yang ada di Desa Datar Ajab ini,” kata Nurliani.

Kunjungan Tim Palnam Peduli merupakan rangkaian aksi peduli jilid 2 selama seminggu lamanya. Sebelumnya tim sudah mengunjungi berbagai desa Terdampak banjir, seperti Desa Patikalain, Murung B, Bulayak, Hantakan, Waki dan lain-lain.

Tim Palnam membawa 10 armada mobil mengangkut bantuan, badut, para pendongeng dan kru lainnya serta ditambah lima unit motor trail.

Dalam penyaluran bantuan, Dispersip Kalsel bekerjasama dengan pihak Kodim Barabai dan BPBD HST.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten HST, Faried Fakhmansyah menyambut baik aksi sosial yang dilakukan jajaran Dispersip Kalsel.

“Alhamdulillah, Saya atas nama Pemkab HST menghaturkan terima kasih yang tak terhingga untuk jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel atas segala perhatian, bantuan, dan dukungan kepad masyarakat Kabupaten HST yang telah mendapat musibah banjir sejak tanggal 14 Januari 2021. Semoga Allah SWT membalas budi baik jajaran Dispersip Kalsel,” kata Faried. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here