Pemprov Kalsel Dorong Desa Bangun Perpus

0
178

Banjarmasin – Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mendorong desa-desa membangun perpustakaan masing-masing. Hal ini perlu dilakukan untuk merawat minat baca dan belajar khususnya bagi generasi muda di pedesaan.

“Ini dalam rangka stimulus untuk mendongkrak minat baca bagi anak-anak khususnya di pedesaan,” kata Kadispersip Kalsel Hj Nurliani usai kegiatan pinjam pakai buku kepada pihak Perpustakaan Desa Malintang Gambut, Senin (23/2) tadi.

Menurut Nurliani, Pemprov mempersilahkan Desa menganggarkan pembelian buku-buku untuk keperluan  perpustakaan melalui dana desa. “Namun tentunya harus melalui musyawarah desa dan sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku,” katanya.

Menurut  UU no 43 tahun 2007 tentang perpustakaan pada pasal 8, Pemerintah Provinsi maupun kabupaten/kota  berkewajiban menggalakkan promosi gemar baca dengan memanfaatkan fasilitas perpustakaan dengan kekhasan sesuai karakter dan budaya yang berlaku. selain itu, menjamin ketersediaan layanan perpustakaan secara merata di berbagai daerah.

Sementara dalam acara pinjam pakai di Malintang, ratusan buku diterimakan oleh Pembakal Hamidan Noor dan Babinsa  Syamsuddin Noor. “Terima kasih atas pinjam pakai buku dari Dispersip Kalsel, semoga dapat meningkatkan kegemaran membaca dan literasi di kalangan masyarajat khususnya anak-anak Desa Malintang,” ujar Hamidan. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here