PUPR Kalsel Tangani Darurat Kerusakan Infrastruktur Akibat Banjir

0
154

 

Banjarbaru – Dinas PUPR Kalsel melalui Bidang Bina Marga melakukan penanganan darurat terhadap infrastruktur jalan dan jembatan yang rusak akibat banjir. “Untuk sementara ada beberapa titik kerusakan jalan dan jembatan yang kita tangani secara darurat agar nyaman dilalui, penanganan darurat ini menggunakan dana Pemeliharan rutin,” kata Kadis PUPR Roy Rizali Anwar melalui Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kalsel M Yasin Toyib, Rabu (24/2) tadi.

Hingga saat ini Dinas PUPR Kalsel sudah melakukan penanganan darurat di beberapa ruas jalan dan jembatan milik provinsi yang Terdampak banjir. Seperti di jembatan Guntung Manggis di Jalan Trikora Banjarbaru, jalan Cambai ruas jalan Banjarbaru – Bati-bati, kerusakan daerah Karang Anyar menuju tembus bandara Syamsuddin Noor, Jalan Gambut – Pematang, Jalan  Martapura Lama, jalan di Kecamatan Bumi Makmur, ruas jalan Gambut – Bumi Makmur dan Pulau Sari, Jalan Bati-bati – Pelaihari, dan Kiram menuju Desa Imban.

Menurutnya Infrastruktur menjadi fokus penting selepas musibah banjir di Kalimantan Selatan. Banyak jalan hingga jembatan menjadi rusak, sehingga  dapat menganggu aktivitas dan jalannya perekonomian daerah.

Jalan provinsi cukup terdampak besar akibat bencana.  “Hingga saat ini yang sudah kita lakukan pendataan  kerugian akibat jalan dan box culvert rusak mencapai Rp 75 M,” kata Yasin.

Saat ini Dinas PUPR Kalsel masih melakukan survey lapangan terhadap infrastruktur rusak khususnya di wilayah banua enam. “Untuk Kabupaten Banjar, Banjarbaru, Tala, Banjarmasin sudah kita Survey, yang belum selesai di wilayah Hulu Sungai,” katanya.

Untuk melakukan perbaikan infrastruktur secara permanen dibutuhkan dana cukup besar dan menunggu anggaran berikutnya. Beberap diantaranya sudah dilakukan penghitungan biaya seperti jembatan menuju Mandiangin Kabupaten Banjar membutuhkan dana perbaikan Rp 5 M hingga  Rp 6 M. “Untuk perbaikan jalan dan jembatan yang rusak akibat banjir kita anggarkan pada tahun 2021 dan itu menyesuaikan kemampuan anggaran yang ada,” kata Yasin. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here