Kembalinya Sang Pionir Pembangunan Bumi Bersujud

0
159

Banjarmasin – Kabupaten Tanah Bumbu secara resmi kembali dipimpin oleh Bupati Zairullah Ashar. Bersama HM Rusli sebagai wakilnya, Zairullah bakal menjabat Bupati hingga 2024 mendatang.

Keduanya dilantik Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA pada Jumat (26/2/2021) bersama empat kepala daerah lain hasil Pilkada Kalsel 2020 di Mahligai Pancasila Banjarmasin.  

Terpilihnya Zairullah sebagai Bupati di Bumi Bersujud bisa dikatakan sebagai kembalinya sang pionir pembangunan di kabupaten pesisir tenggara Kalimantan Selatan tersebut. Pasalnya sebelumnya tepatnya 8 April 2003, Zairullah adalah penjabat Bupati setelah Tanbu dimekarkan sebagai kabupaten terlepas dari Kotabaru.

Dikatakan pionir karena Zairullah meletakkan  dasar – dasar pembangunan pada masa awal Tanbu menjadi Kabupaten. Salah satunya penataan perkotaan dan adanya perkantoran terpadu di Batulicin hingga seperti sekarang ini.

Dua tahun berselang, Zairullah terpilih Bupati Tanbu masa bakti 2005 – 2010 melalui Pilkada langsung.  Setelah berkompetisi pada Pilkada Gubernur 2010, Karirnya berlanjut sebagai anggota DPR RI 2014-2019 dan 2019-2024.

Di tengah perjalanan sebagai wakil rakyat ia menyatakan diri maju kembali Pilkada Tanbu 2020 hingga ditetapkan sebagai pemenang bersama pasangannya HM Rusli.

Sementara karir sebagai ASN, Zairullah juga pernah dinobatkan ASN teladan sewaktu bertugas di Dinkes Kota Banjarmasin. Ia tercatat juga pernah menjabat Kadinkes Kota Banjarmasin, pimpinan DPRD Banjarmasin, serta Kadinkes Provinsi Kalsel semasa Gubernur Sjachriel Darham.

Ditemui Jejakbanua.com, usai pelantikan sebagai Bupati Tanbu, Zairullah memang tak banyak berubah. Narasi bicaranya mudah dicerna dan Pembawaannnya ramah serta akrab dengan kalangan media.

Semangat pria kelahiran Pagatan 2 April 1954 ini masih tinggi kala ditanya bagaimana arah pembangunan Tanbu mendatang.

“Ada 4 fokus pembangunan yang akan kita laksanakan yakni sektor SDM, Ekonomi, Infrastruktur dan Pemerintahan,” kata Zairullah   usai pelantikan di Mahligai Pancasila.

Bidang SDM, ia akan membangun pendidikan formal dan non formal untuk mencetak generasi muda berkualitas dan cerdas. Selain itu ia mewacanakan membangun Sekolah Kelautan dan Perikanan yang bisa mencetak generasi muda  siap kerja.

“pesantren – pesantren di Tanbu juga akan kita kembangkan agar lebih maju dan mampu menciptakan generasi berakhlak dan agamis,” kata Zairullah.

Bidang Infrastruktur, Zairullah berharap jalan bebas hambatan Banjarbaru – Batulicin dapat segera direalisasikan agar memberikan dampak ekonomi pada masyarakat. “Termasuk kita merencanakan pembangunan bendungan Meratus untuk mengatasi persoalan banjir di Tanah Bumbu,” katanya.

Bidang perekonomian, Zairullah akan mengembangkan potensi ekonomi Tanbu di bidang perkebunan, perikanan, kelautan, dan pertanian. “Termasuk kita akan mengupayakan melalui dana desa dianggarkan untuk bibit dan pupuk bagi masyarakat sehingga masing-masing punya tanaman masa depan yang dapat mengembangkan perekonomian keluarga,” ujarnya. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here