Satpol PP Damkar Kalsel Siaga Hadapi Ancaman Karhutla

0
212

Banjarbaru – Personil Satpol PP dan Damkar Pemerintah Provinsi Kalsel bersiap diri menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau 2021. “Dengan personil Damkar sekitar 50 orang dan dibantu Satpol PP 300-an orang, kita siap bersinergi dengan BPBD dan Dishut serta pemerintah kabupaten kota se Kalsel dalam rangka mengantisipasi ancaman Karhutla,” kata Zackly Aswan, Kasatpol PP dan Damkar Kalsel di Gedung Idham Chalid Banjarbaru usai peringatan HUT Damkar ke 102, Senin (1/3) siang.

Dalam upaya penanganan Karhutla, yang lebih diutamakan adalah pencegahan secara dini terhadap kemungkinan ancaman. “Kita lebih utamakan pencegahan dalam penanganan Karhutla karena sudah diketahui Dimana titik rawan bencana,” kata Zackly.

Untuk kesiapan menghadapi Karhutla, pihaknya juga sudah melakukan pemetaan titik rawan ancaman bencana. “Pemetaan dilakukan oleh semua pihak terkait baik BPBD maupun Dishut, nanti hasil pemetaan itu sinergikan untuk mengantisipasi secara dini Karhutla,” terang Zackly.

Sementara terkait kemampuan sarana dan personil Damkar, sejauh ini perhatian Pemerintah Provinsi sudah baik. “Disamping itu Kita terus melakukan evaluasi untuk meningkatkan sdm nya, skill dan peralatan,” katanya.

Untuk Anggaran operasional Damkar menurut Zackly juga sudah diakomodir dengan baik oleh pemerintah provinsi. “alhamdulillah apa yang kita mintakan selalu dipenuhi, sesuai dengan kondisi kemampuan dan peralatan yang ada. Namun tentunya kita ingin terus meningkatkan kemampuan dalam rangka menjalankan tugas Damkar,” katanya. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here