Pondasi Tergerus Banjir, Jembatan Mandiangin Bakal Dibangun Ulang

0
661

Banjarbaru – Dinas PUPR Kalsel bakal membangun ulang jembatan Mandiangin di Karang Intan Kabupten Banjar. Seperti diketahui Jembatan Mandiangin rusak akibat banjir yang melanda wilayah teesebut.

“Berdasar pemantauan kami, kerusakan cukup parah yakni bagian pondasinya jebol akibat tergerus banjir yang cukup deras,” kata Kadis PUPR Roy Rizali melalui Kabid Bina Marga M Yasin Toyib, Selasa (2/3) tadi di Banjarbaru.

Karena kerusakan terjadi di bagian pondasi maka penanganannya dengan membangun kembali yang baru. “Kita sudah terjunkan tim konsultan untuk melihat kondisi kerusakan jembatan, karena pondasinya kena maka akan dibuat baru lagi,” tegas Yasin.

Untuk itu pembangunan jembatan tersebut pihak Dinas PUPR Kalsel mengestimasi dibutuhkan biaya Rp 6 milyar. “Itu baru hitungan sementara ya, bisa kurang bisa juga lebih apabila dikerjakan nanti,” kata Yasin.

Karena terbatasnya anggaran, Dinas PUPR akan mencari biaya pembangunan jembatan Mandiangin tersebut melalui anggaran Dana Tak Terduga yang ada di APBD Provinsi Kalsel. “Kita akan coba usulkan melaksanakan pekerjaan jembatan Mandiangin tersebut pada tahun 2021 ini melalui anggaran DTT yang ada di APBD Provinsi Kalsel, bila memang ada dananya maka pengerjaan akan kita mulai tahun ini,” terang Yasin.

Namun apabila kemampuan anggaran tak memungkinkan maka pengerjaan jembatan akan dilakukan pada tahun berikutnya menggunakan  anggaran di Dinas PUPR Kalsel.

Namun pihaknya tetap berharap pengerjaan jembatan Mandiangin dapat secepatnya dilakukan pada tahun ini juga. Hal ini mengingat jembatan tersebut cukup vital bagi masyarakat.

Yasin berharap masyarakat dapat bersabar menunggu perbaikan yang akan dilakukan Dinas PUPR. “Kita berharap masyarakat bisa bersabar sementara menunggu perbaikan dilakukan,” ujar Yasin. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here