Catat, Ini Rencana Aksi Pemprov Kalsel Usai Banjir Besar 2021

0
1142

Banjarbaru – Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Dr Safrizal ZA mengatakan perlu akselerasi aksi pemulihan agar banjir tidak terulang.

“Rencana jangka pendek hingga panjang sudah ada, tinggal akselerasi pelaksanaanya saja, ini yang perlu menjadi perhatian kita bersama, kalau di bagian hulu dibuat embung, kemudian rehabilitasi DAS, sungai dikeruk saya pikir ini membuat Kalsel lebih tangguh terhadap banjir,” papar Pj Gubernur Kalsel pada saat menjadi narasumber pada talkshow rakor penanggulangan bencana 2021 secara virtual di VIP Room Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, Jum’at (5/3) siang.

Menurutnya, Pemprov Kalsel dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sudah menyiapkan lima strategi pemulihan pasca banjir bandang Kalimantan Selatan.

Pertama adalah aspek perencanaan, yang menuangkan secara detail tentang kegiatan, lokus, tata waktu, orang yang bertanggung jawab, dan anggarannya.

Aspek kedua, menurutnya adalah rekayasa teknis/engineering, termasuk didalamnya aspek regulatif dan penataan ruang. Caranya dengan membuat bendungan, Daerah Tangkapan Air, dan normalisasi sungai, termasuk Perda Jasa Ekosistem Kalsel.

Aspek ketiga adalah vegetatif, yaitu kegiatan rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS), konservasi tanah dan air, penanganan lahan kritis dan agroforestry.

Keempat, aspek sosial dimana ada sosialisasi, pelibatan masyarakat, dan komunikasi, serta membangun data base yang bagus sehingga tidak terjadi simpang siur informasi.

Terakhir, strategi kelembagaan, yakni kelembagaan di KLHK dan di Provinsi Kalsel sehingga punya saluran komunikasi langsung yang cepat. (syh/Ary)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini