Sejuknya Dataran Tinggi Bajuin di Villa Galam

0
1727


Tanah Laut – Villa Galam salah satu lokasi wisata keluarga di Kabupten Tanah Laut, Kalsel. Letaknya di Desa Galam Kecamatan Bajuin sehingga dinamakan Villa Galam. Jaraknya tak terlalu jauh dari Kota Pelaihari.

Dari perempatan Desa Ketapang, belok kanan menuju Tirta Jaya kemudian lurus saja lagi hingga di samping kanan jalan akan menemui lokasi wisata alam pegunungan ini.

Villa Galam adalah lokasi wisata keluarga yang dilengkapi dua buah villa besar berbentuk rumah adat Banjar. Fasilitas lain adalah gazebo di atas dan kaki bukit, kolam ikan dan bukit berbatu.

Dikunjungi Minggu (7/3/2021) tadi, villa Galam nampak sangat sepi. Tak saputun pengunjung datang ke sana.

Seorang penjaga akan membukakan pagar ke areal wisata saat Jejakbanua.com berkunjung ke sana. Untuk masuk ke sana dipungut bayaran Rp 10 ribu per orangnya.

“Silakan masuk, pagarnya memang sengaja ditutup kalau ada yang datang baru dibukakan,” kata Owi, penjaga Villa Galam tersebut.

Diakuinya kunjungan ke villa Galam sangat jarang apalagi sejak wabah Covid terjadi pada Maret 2020 lalu. Sebelumnya agak ramai khususnya pada saat hari libur.

“Dulu sebelum wabah Covid, kadang ada yang nginap di villa  untuk acara gathering keluarga atau perusahaan,” ceritanya. Untuk menginap di villa Galam biayanya Rp 200 ribu per malam.

Keberadaan villa Galam sudah lebih dari 10 tahun yang lalu. Diakuinya pula jumlah pengunjung mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Sementara saat ditelusuri, sejumlah fasilitas di villa Galam ini kurang terawat. Seperti gazebo yang mengalami kerusakan dan rumput liar meninggi.

Namun Pemandangan di Villa Galam cukup indah dan sangat cocok untuk wisata bersama keluarga. Lokasinya terdiri dari perbukitan yang  dilengkapi jalan tangga semen. Ary

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini