‘Calap Tarus’, Warga Tunggul Irang Sampaikan Aspirasi Ke Paman Birin

0
527


Banjar – Bila di daerah lain banjir sudah mereda tapi tak begitu yang dialami warga Tunggul Irang Martapura Kabupaten Banjar. “Sejak tiga bulan terakhir kami sudah tiga kali kebanjiran, termasuk yang sekarang ini terjadi banyak rumah dan jalan kampung yang calap akibat hujan berjam-jam Kemaren,” kata M Yakla, warga Tunggul Irang saat kunjungan Paman Birin, Jumat (12/3) lalu.

Menurutnya ini kebiasaan ini terjadi sudah sejak lama bahkan sebelum banjir besar pada awal tahun 2021 tadi. “Sudah sering kita kecalapan di sini, apalagi setelah hujan lebat dan lama,” kata Yakla.

Banjir juga mengakibatkan rumah-rumah warga terendam lagi padahal warga sudah bersih-bersih rumah usai kecalapan selama berminggu-minggu sejak awal tahun. “Ya sempat kering selama beberapa hari, tapi setelah hujan lebat dan lama ternyata kampung kami kebanjiran lagi,” kata Yati warga lainnya menambahkan.

Dalam kunjungan itu Paman Birin membagikan makanan, sembako dan buah-buahan serta obat belancat kepada korban banjir Tunggul Irang. Warga nampak gembira dengan kehadiran Paman Birin ke sana.

“Semoga Paman Birin sehat selalu dan dilancarkan segala urusan,” kata Soraya warga Tunggul Irang seraya memperlihatkan nanas yang ia dapat dari Paman Birin.

Sementara Amin juga warga Tunggul Irang nampak senang dengan pemberian nasi bungkus Paman Birin. “Alhamdulillah dapat makanan dari Paman Birin, semoga amal baik beliau dibalas berlipat ganda oleh Allah, saya dapat nasi bungkus buat sekeluarga saya di rumah,” kata Amin.

Sementara Paman Birin saat diwawancarai mengakui mendapatkan aspirasi dari warga Tunggul Irang yang meminta kepada pemerintah agar dapat meninggikan jalan di Tunggul Irang. “Ini jalan Cempaka Tunggul Irang Ilir namanya, tadi warga menyampaikan harapan atau aspirasi agar ada peninggian jalan agar tak kebanjiran lagi ke depannya,” ujar Paman Birin.

Gubernur Kalsel periode 2016 – 2021 ini juga berharap warga agar senantiasa tabah menerima cobaan bencana alam banjir ini. “Banyak berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah, semoga bencana banjir lekas diangkat dari banua kita,” pungkas Paman Birin. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here