Mencicipi Gangan Paliat, Makanan Khas Kelua

0
231

Tabalong – Gangan Paliat adalah makanan khas Kabupaten Tabalong Kalsel tepatnya berasal dari Kecamatan Kelua. Kenapa dinamakan Paliat karena menurut cerita makanan ini berasal dari Desa Paliat di Kecamatan Kelua.

Jika ada orang dari luar daerah yang berkunjung ke Tabalong dan ingin mencicipi masakan khas daerah ini, rekomendasi utama pasti Gangan Paliat. 

Masakan ini sering dijakan lauk untuk makan biasanya disajikan dengan nasi. Sehingga kerap juga disebut orang nasi Paliat. 

Masakan tradisional ini terbuat dari santan kental dan bumbu kunyit, jahe, kemiri, bawang merah yang dicampur dengan jeruk purut yang nikmat dan segar. Itulah mengapa makanan ini disebut Gangan Paliat.

Menu utama Gangan Paliat biasanya ikan Banung, Udang, ikan Patin dan ikan Gabus/Haruan. Bila anda ke Tabalong, Gangan Paliat atau Nasi Paliat dapat ditemukan di kawasan Pasar Kelua, Pasar Tanjung atau Pasar Mabuun. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel Hj Nurliani baru-baru tadi berkunjung ke sebuah rumah makan Paliat di Tabalong. “Rasanya enak tentunya dan santannya gurih, jadi bila ke Tabalong jangan lupa mampir untuk mencicipi Gangan Paliat,” katanya.

Menurutnya Gangan Paliat adalah salah satu wisata kuliner khas Tabalong yang perlu lebih diperkenalkan ke masyarakat luar. “Ini merupakan salah satu khazanah wisata kuliner yang masing-masing dimiliki tiap Kabupten di Kalsel,” pungkas Nurliani. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here