Banjarmasin – Perpustakaan Palnam Banjarmasin telah buka pada hari Sabtu Minggu. Hal ini dilakukan atas usulan Pemustaka atau para pengunjung yang kesulitan bila datang pada hari kerja atau sekolah.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel buka layanan Perpus Palnam diakhir pekan mulai Jam 09.00 hingga jam 13.00. Sementara pada hari kerja tetap sama buka mulai jam 09.00 hingga pukul 15.00 kecuali hari Jumat hanya sampai pukul 11.30 Wita.

Kebijakan ini disambut para pengunjung Perpustakaan dengan antusias. Pantauan jejak banua, Minggu (14/3) lalu, para pencari ilmu lewat baca buku berdatangan ke Perpus. 
Ali salah satu penggemar baca buku mengapresiasi kebijakan Dispersip Kalse ini.
“Yang jelas kita para pembaca buku merasa terbantu dengan adanya pembukaan layanan akhir pekan ini kembali,” ujar warga Banjarbaru ini, Minggu (14/3) lalu.

Petugas Perpus menetapkan protokol kesehatan dengan ketat kepada para pengunjung. 

“Banyak yang meminta untuk Perpus Palnam buka lagi di Sabtu-Minggu, seperti sebelum pandemi Covid-19. Karenakan kalau hari biasa banyak yang bekerja atau sekolah, mereka kesulitan untuk datang karena mepet waktunya,” terang Kadispersip Kalsel, Hj Nurliani.

Perpus Palnam yang berlokasi di Jl A Yani Km 6 ini sebelum adanya pandemi Covid,  buka setiap hari. Hanya tutup ketika libur nasional.

Pengunjung yang datang diwajibkan mengikuti protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 yaitu cuci tangan, jaga jarak, menggunakan masker, dan suhu tubuh tidak melebihi 37,5 derajat celcius.

Mencuci tangan memakai sabun sebelum masuk dan sesudah keluar gedung layanan di wastafel yang telah disediakan, menjaga jarak duduk saat membaca. “Kami lebih menyarankan untuk membaca di gazebo samping perpus saja, karena lebih terbuka,” kata Nurliani.

Selain menerapkan protokol kesehatan secara ketat, pihak Dispersip Kalsel selaku pengelola Perpus juga membatasi pengunjung yang datang yakni hanya 100 orang per harinya. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here