15 Pejabat Pemprov Berpotensi Duduki Jabatan Kunci Ikut Talent Pool

0
281

BANJARBARU- Sebanyak 15 pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalsel, mengikuti penilaian potensi  dan kompetensi  (Talent Pool) Angkatan III,  dilaksanakan Kantor Regional VIII Banjarmasin Badan Kepegawaian Negara ( BKN) Tahun 2021.

Kegiatan berlangsung selama dua hari dari Kamis- Jumat (18-19 Maret 2021). Peserta tidak hanya dari Kalimantan Selatan, tetapi juga perwakilan ASN Kalimantan Tengah.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Sulkan SH, MM, mengatakan keikutsertaan perwakilan  pejabat tersebut menindaklanjuti surat Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN Badan Kepegawaian Negara Nomo 126 -130/V 62 -2/99 tanggal 9 Februari 2021, perihal pemetaan, penilaian potensi dan kompetensi (Talent Pool) dan Surat BKN Regional VIII Banjarmasin.

Sulkan mengatakan untuk Angkatan III kompetensi Talent Pool ini,  sebanyak 15 pejabat diikutsertakan.  Mereka terdiri dari 5 orang Jabatan Tinggi Pratama (JPT) , yaitu Ir Syamsir Rahman MS, Drs Hermansyah MM,  Hanifah Dwi Nirwana ST, MT , Adi Santoso SSos, MSi, Ina Yuliani SSos, MSi, MIP.

Kemudian 6  untuk Jabatan Administrator terdiri dari  Sri Rachma SSos, MAP, Ahmad Rizali Fahri SH, MH, Adbul Rahim , SSos MPd, Dr Ariadi Noor MSi, Drs Muslimi, MSi, dan Drs Syamsuri, MA.

Selanjutnya 4   untuk Jabatan Fungsional Madya terdiri dari  Drs Ernandi, Mahrita Yanuarto, S PSi, MP dan Nadiah SE, MSi.

“Talent Pool merupakan kegiatan yang strategis dalam rangka menemukan dan dan mempersiapkan talenta terbaik dari ASN untuk mengisi posisi kunci sebagai pemimpin masa depan dan posisi yang mendukung urusan inti organisasi,”  terang Sulkan, terang Sulkan.

Kegiatan ini diharapkan  mampu mengoptimalkan pencapaian tujuan organisasi dan akselerasi pembangunan baik ditingkat nasional dan daerah.

Selain itu, dengan talent pool akan mampu mendorong peningkatan profesionalisme jabatan, kompetensi dan kinerja talenta, serta memberikan kejelasan dan kepastian karier talenta dalam rangka akselerasi pengembangan karier yang berkesinambungan.

Dikatakan Sulkan, salah satu  yang dilakukan oleh pemerintah adalah menyediakan data – data atau profil pejabat yang akan menduduki atau sedang menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dan jenjang jabatan lainnya.

Penyediaan data atau profil ini dilakukan melalui kegiatan penilaian potensi dan kompetensi  pejabat.

 Talent Pool  memberikan manfaat baik bagi para peserta dan instansi pemerintah. Bagi peserta, mereka dapat merencanakan pengembangan dirinya sendiri atau merencanakan karirnya. 

Sedangkan bagi Instansi Pemerintah, akan memiliki database profil potensi dan kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator dan jenjang lainnya.

Kepala BKD Kalsel memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada BKN Pusat dan BKN Regional VIII Banjarmasin yang telah memberikan kesempatan kepada ASN Kalsel dan wilayah kerjanya untuk mengikuti talent poll. (Ary)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here