Embung Kampung Banjar Berpotensi Wisata

0
537

Banjarbaru – Keberadaan Embung Kampung Banjar di kawasan perkantoran Pemprov Kalsel Kota Banjarbaru, berpotensi untuk dijadikan wahana taman wisata. Pasalnya embung yang juga berfungsi sebagai ruang terbuka hijau ini semakin dipersolek dengan dilakukan penanaman 800 pohon buah-buahan dalam rangka Hari Air sedunia yang ke 29 di Kalsel, Senin (22/3) siang lalu.

Selain ditanami pohon buah di berbagai sisinya, Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA juga menabur ribuan benih ikan nila di danau embung. Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan III Fikri Abdurrahman mengatakan penamanan pohon buah dilakukan agar hasilnya dapat dipanen sekitar 5 tahun mendatang. “Pohon yang ditanam antara lain sawo mangga, jambu dan nangka,” katanya.

Embung Kampung Banjar merupakan salah satu giat pembangunan infrastruktur berkelanjutan yang dilaksanakan Kementerian PUPR di Kalsel. “Keberadaan embung selain berfungsi sebagai area konservasi dan pengendalian banjir juga sebagai area wisata,” kata Fikri.

Berdasar data, proyek embung Kampung Banjar dikerjakan melalui dana APBN oleh Kemen PUPR. Menggunakan anggaran senilai  Rp 14 milyar lebih.

Areal lahan pembangunan embung Kampung Banjarb memiliki luas sekitar 6 hektar. Selain bangunan embung juga ada bangunan inlet dan outlet, pompa outlet, pompa air baku, tower reservoir, serta jogging Track. Proyek embung dikerjakan dalam tahun jamak 2019 – 2020. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here