Banjarbaru – Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA didampingi sejumlah pejabat Balai Wilayah Sungai III Kalimantan dan SKPD melakukan penanaman pohon di embung Kampung Banjar, kawasan perkantoran Pemprov Kalsel, Banjarbaru, Senin (22/3) siang.

Penanaman pohon tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Air se dunia ke 29 yang dilakukan secara serentak seluruh Indonesia. Jumlah pohon yang ditanam di embung sekitar 800 bibit terdiri dari pohon buah-Buahan seperti jambu, sawo, mangga, dan lain-lain.

Usai menanam pohon, Safrizal dan jajaran BWSK III melakukan tabur benih bibit ikan nila di danau embung kampung Banjar. Dalam peringatan hari air sedunia ini juga dilakukan penandatanganan MoU antara BWSK III dengan IPPU dan GNKPA.

Dalam sambutannya Safrizal mengatakan, mengajak seluruh ASN dan masyarakat untuk melaksanakan penanaman pohon di Kalsel selain sebagai upaya melestarikan lingkungan serta meminimalisir dampak bencana alam seperti banjir.

“Kita perlu serapan air yang baik dengan cara menanam sebanyak banyaknya pohon di hulu dan hilir di Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Penanaman jutaan pohon ini pun, juga menjadi challenge atau tantangan bagi seluruh dinas -dinas yang ada di lingkup Pemprov Kalsel untuk bersinergi dalam menyukseskannnya.

“Nanti kita akan kabari waktu pelaksanaan penanaman pohon serentak ini, targetnya kisaran sebulan dapat dilakukan, termasuk dari kalangan wartawan agar juga bisa ikut menanam pohon, paling tidak sekali seumur hidup pernah menanam pohon demi anak cucu dan kelestarian lingkungan,” katanya.

Fikri Abdurrahman selaku Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan (BWSK) III berharap penanaman pohon ini tak cuma sekadar seremonial belaka. “Kita harapkan dengan penanaman pohon ini dapat diikuti gerakan lainnya termasuk menjaga tanaman yang telah ditanam agar jangan sampai mati,” harapnya.

Ia juga meminta gerakan penanaman pohon terus digalakkan oleh semua pihak buka cuma sekadar kegiatan sesaat. “Hari ini kita menanam 800 pohon dan menebar ribuan benih ikan di embung kampung Banjar, semoga nanti kita bisa tambah,” kata Fikri.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel Hanifah Dwi Nirwana menyatakan siap dengan tantangan tersebut dan bisa terlaksana sesuai target yang di inginkan PJ Gubernur.

“Kami siap untuk tantangan itu, namun kita akan segera kordinasi dengan Dishut juga Balai Sungai dan lainnya, untuk menentukan dulu dimana saja lokasi yang akan di tanam.” Katanya. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here