SKPD Pemprov Bakal Dibimbing Penyelamatan Arsip Saat Bencana

0
217

Banjarmasin – Tim dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bakal melakukan bimbingan cara selamatkan arsip Pra dan pasca bencana alam kepada para Pejabat SKPD  dan arsiparis di Kalsel.

Hal ini dilakukan lantaran bencana bisa mengancam keselamatan arsip sebagai identitas dan jati diri bangsa, serta sebagai memori, acuan, dan bahkan untuk pertanggungjawaban dalam berkehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

Apalagi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota merupakan lembaga kearsipan daerah yang bertanggung jawab dan berkewajiban dalam pengelolaan arsip.

“Direncanakan sesuai jadwal yang ditentukan dan disepakati, tim ANRI datang untuk membantu SKPD untuk penyelamatan arsip, baik sebelum terjadinya musibah, pasca, hingga bagaimana melakukan pencegahannya,” ungkap Kepala Dispersip Kalsel, Hj. Nurliani, baru-baru tadi.

Direktur Preservasi ANRI, Dr. Kandar mengatakan dengan diturunkanya tim ke Kalsel, adalah bentuk apresiasi pihaknya kepada Dispersip Kalsel, yang mempunyai perhatian lebih terhadap bidang kearsipan dan antusiasme masyarakat yang begitu banyak. 

“Mohon kepada Dispersip Kalsel untuk membuat posko penyelamatan arsip, agar dapat membantu pihak terkait hingga arsiparis dapat langsung melakukan restorasi,” katanya.

Rencananya, tim ANRI akan melakukan bimbingan dengan efektif selama 3 hari, yang waktunya segera dikoordinasikan dan ditentukan dalam waktu dekat. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here