Pembangunan Bendungan Riam Kiwa di Wilayah Paramasan

0
548

Banjar – Proyek besar pembangunan Bendungan Riam Kiwa di Kabupaten Banjar oleh Kementerian PUPR mulai berjalan pada tahun 2021. “Saat ini masih dalam tahap sosialisasi kepada masyarakat terkait rencana proyek Bendungan Riam Kiwa dan pembebasan lahannya,” kata Bupati Banjar Saidi Mansyur, di pendopo Kabupaten Banjar usai pertemuan dengan Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA, baru-baru tadi.

Adapun lokasi yang akan menjadi titik pertama pembangunan Bendungan Riam Kiwa tersebut menurut Bupati Banjar berada di wilayah Kecamatan Paramasan. “Ada beberapa desa yang akan menjadi lokasi proyek pembangunan Bendungan Riam Kiwa ini, diantaranya wilayah desa Angkipih dan Paramasan Bawah di Kecamatan Paramasan,” ungkap Saidi.

Wilayah Paramasan tersebut menjadi wilayah hulu dari pengerjaan bendungan Riam Kiwa. “Hulunya bendungan yang akan dikerjakan akan berada di Paramasan tersebut,” katanya.

Saidi berharap pembangunan bendungan Riam Kiwa ini tak mendapatkan kendala dan tahun ini juga sudah bisa dilihat progresnya. “Kita berharap proyek bendungan ini sudah dapat terlihat progresnya, tadi Bapak Pj Gubernur dalam pertemuan meminta agar proyek bendungan ini dapat disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat sehingga dapat bekerjasama dalam rangka melaksanakan pengerjaannya,” papar Saidi.

“Diharapkan dengan adanya Bendungan Riam Kiwa ini dapat menjadi pengendali banjir di Kabupaten Banjar khususnya mulai hulu sampai hilir,” kata Saidi.

Dalam rangka penanganan banjir, Pemerintah Kabupaten Banjar juga bakal melakukan kajian mendalam terkait penyebab banjir yang kini kembali terjadi di beberapa titik wilayah Kabupaten tersebut. “Kita akan melakukan kajian terlebih dahulu penyebab banjir ini apa, kalau sebelumnya saat awal tahun 2021 lalu penyebabnya curah hujan ekstrem, maka yang sekarang ini tampaknya beda apakah alamnya atau apa ini, kita perlu kajian mendalam lagi apa penyebabnya,” kata Saidi Mansyur. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here