Banjarmasin – Penanganan Covid 19 di Kalsel  diperlukan upaya bersama dan sinergi berbagai pihak terkait. “Keterlibatan Pemerintah TNI Polri tokoh masyarakat tokoh agama, organisasi pemuda dan lainya sangat penting untuk melawan Covid 19,” Pj Gubernur Kalsel saat menjadi narasumber dalam Dialog Interaktif RRI Banjarmasin bertajuk pencegahan dan penanganan Covid 19 di Banjarmasin, Kamis (25/3) sore. 

Menurut Safrizal, Covid 19 adalah musuh bersama dan penangananya juga harus dilakukan secara bersama-sama. “Perlu serangakaian usaha seperti mengaktifkan posko hingga tingkat desa, harus adanya penegakan prokes, pembagian masker, kami juga mensupport kabupaten kota berupa rapid antigen untuk skrining awal, melibatkan semua pihak dalam rangka penanganan, semuanya harus all out” katanya.

Tidak ada pilihan lain untuk menghadapi ancaman penyebaran virus Corona, selain terus meningkatkan disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Saya berharap masyarakat lebih disipilin dalam menerapkan prokes, tidak usah berkumpul yang tidak perlu di luar rumah,

jaga keselamatan diri, jaga keselamatan keluarga,” katanya melalui sambungan telpon.

Safrizal menerangkan, PPKM Mikro mempunyai 2 layer, yang pertama layer di Kabupaten Kota, layer kedua berada ditingkat Desa atau RT. 

Untuk Kabupaten Kota, ketentuan PPKM meliputi, membatasi tempat kerja/perkantoran dengan menerapkan Work From Home (WFH) sebesar 50 persen dan Work from Office sebesar 50 persen dengan memberlakukan protokol kesehatan secara lebih ketat.  Kemudian, melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring/online.

Selanjutnya, melakukan pengaturan pemberlakuan pembatasan kegiatan restoran yaitu makan/minum di tempat sebesar 50 persen dan untuk layanan makanan melalui pesan-antar.

Sedangkan ditingkat Desa atau RT, ketentuan PPKM Mikro meliputi, pengaktifan Posko. Posko tersebut berfungsi sebagai pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung.

Dikatakan Safrizal, kinerja posko Covid-19 di setiap tingkatan akan dipantau dan dievaluasi pihaknya secara berkala. (Syh/Adpim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here