Tanah Laut – Bukit Gelatik merupakan sebuah pegunungan yang berada di Desa Sei Riam Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan (Kalsel). Keindahan Bukit Gelatik sejak beberapa tahun silam telah memantik minat pecinta wisata alam  untuk hiking dan camping di puncaknya. 

Pesonanya dari puncak Bukit Gelatik bak lukisan alam dan menghijau.

Deretan banyak bukit dapat kita susuri. Lokasi puncak bukit begitu luas sejauh mata memandang karena Bukit Gelatik menyatu dengan bukit-bukit lainnya di sepanjang wilayah Kecamatan  Panyipatan.

Di sepanjang Bukit Gelatik, kita juga bisa menyaksikan sapi dan kerbau milik masyarakat sekitar yang bebas berkeliaran di sepanjang puncak bukit.

Bukit Gelatik yang tingginya lebih kurang 300 mdpl in, sudah dapat terlihat dari pinggir jalan raya Pelaihari – Pantau Batakan. Untuk menuju Bukit Gelatik, lurus saja menyusuri jalan menuju Batakan kemudian menemukan pasar Sei Riam ada jalan aspal ke kiri masuk ke sana hingga menemukan rumah Ketua RT 18 Desa Sei Riam. 

Lokasi parkir pengunjung Bukit Gelatik ada di halaman rumahnya. Namun sebelum parkir ada pos jaga bayar masuk.

Menurut Ketua RT 18 Sei Riam, Bukit Gelatik dulunya banyak ditemui Burung Gelatik. “Bukit ini sudah sejak beberapa tahun belakangan dikunjungi, pertama kali oleh sekelompok pecinta alam,’ katanya.

Untuk menjaga keamanan, pihaknya mewanti-wanti pengunjung agar tak berbuat macam-macam di puncak bukit. Selain itu pengunjung agar menjaga kebersihan jangan sampai membuang sampah di area bukit.

“Sampah dikumpulkan dan dibawa turun lagi untuk dibuang ke tempat sampah,” katanya. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here