PSU Pilgub Kalsel Disepakati 9 Juni, Pj Gubenur : Jaga Persatuan

0
175

BANJARMASIN- Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sepakat dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kalsel untuk melaksanakan Pemilihan Suara Ulang (PSU)  Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalsel 2020 pada 9 Juni 2021 mendatang. Hal ini terungkap dalam Rakor Persiapan PSU di Banjarmasin, Senin (29/3) siang.

Diharapkan PSU nanti dapat berjalan lancar sesuai harapan. “Pelaksanaan  PSU jadi tanggung jawab bersama untuk memelihara dan menjaganya, kita semua mengharapkan PSU dapat berjalan aman dan kondusif,” kata Pj Gubernur Kalsel Safrizal dalam sambutan dibacakan Kepala Badan Kesbangpol Kalsel Heriansyah.

Diakui Pj Gubernur, PSU tentu akan meningkatkan suhu politik di provinsi ini, terutama pada wilayah – wilayah yang melaksanakan PSU tersebut. Karenanya diperlukan semangat persatuan menjaga situasi kondusif dan tidak terprovokasi dengan isu-su yang memecah belahkerukunan di masyarakat.

“Setinggi apapun suhu politik, kita semua harus selalu mengingatkan agar  masyarakat tetap menjaga persaudaraan, persatuan dan kesatuan, masyarakat kita jangan sampai terbelah hanya karena beda pilihan Gubernur/Wakil Gubernur maupun Walikota/Wakil Walikota,” ujar Safrizal dalam sambutan tertulisnya.

Disebutkan, pelaksanaan PSU nantinya merupakan ujian bagi demokrasi Kalsel. “Suksesnya PSU mencerminkan kematangan Provinsi Kalsel dalam menyelenggarakan pesta demokrasi.” Kata Safrizal.

Karena itu, KPU dan Bawaslu Provinsi Kalsel kiranya sudah mengambil   langkah-langkah mempersiapkan tahapan PSU dan dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara berintegritas dan profesional.

“Kita bersama-sama harus terus memantau dan memperhatikan proses PSU ini agar berjalan secara tertib aman dan lancar termasuk memastikan tahapan PSU aman dari penularan covid-19 yang masih menyebar cukup tinggi didaerah kita,” ujar Pj Gubernur.
Ia juga mengajak semua pihak, meningkatkan sinergi dan kerjasama sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing kelembagaan. 

“Koordinasi harus kita lakukan secara berkelanjutan kita harus bergandengan tangan melibatkan TNI, Polri, Tokoh Agama, Masyarakat, ormas dan seluruh lapisan masyarakat, ” pungkasnya.
Dalam Rakor kesiapan PSU Pilgub Kalsel hadir jajaran KPU dan Bawaslu Provinsi Kalsel, Pemerintah Provinsi, unsur TNI/Polri, KPU Kabupaten/Kota, perwakilan Pemerintah kabupaten/kota dan pihak-pihak terkait. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here