Tanah Laut – Dewan guru dan siswa-siswi SMA Negeri 1 Kintap (Tanah Laut) menggelar nonton bareng kegiatan webinar promosi minat baca dan kecerdasan literasi yang digelar oleh Dispersip Kalsel Selasa (6/4). Webinar istimewanya menghadirkan Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto.

“Webinar yang dilaksanakan Dispersip luar biasa karena dapat menghadirkan Kapolda Kalsel. Kami segenap guru dan siswa SMA Negeri 1 Kintap akan mengikuti kegiatan tersebut dengan menggelar nonton bareng di lingkungan sekolah dan tentunya menerapkan dengan protokol kesehatan,” kata Kepala SMA Negeri 1 Kintap, Aries Eko Wibowo, Senin (05/04/2021).

Tema yang dibahas dalam webinar tersebut sangat sesuai dengan program sekolah literasi yang sedang digaungkan dan menjadi andalan SMA Negeri 1 Kintap.

“Siswa sebagai penerus bangsa, perlu dibekali untuk membangun sikap kritis dan selektif, sehingga setiap siswa lebih skeptis, tidak mudah percaya tanpa pembuktian, tidak mudah sharing informasi atau berita di media sosial tanpa menyaring terlebih dahulu,” ucap Aries.

Bahwa dalam Agama Islam diperintahkan untuk membaca, seperti yang tertulis dalam Al-Qur’an Surah Al-Alaq ayat 1-5, yang intinya memerintahkan umatnya untuk membaca. “Pepatah mengatakan “buku adalah jendela dunia”, maka untuk mengetahui dunia kita harus membaca,” paparnya. Dengan membaca kita mempunyai pengetahuan yang luas, dan bisa menuangkan ide-ide dalam bentuk tulisan, karya seni dan lain-lain, sehingga dengan minat baca yang tinggi akan menumbuhkan berbagai kecerdasan seperti kecerdasan logika, kecerdasan sosial, kecerdasan emosional dan lain-lain. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here