Selasa, April 16, 2024
BerandaHukumTim Lapor! Kalsel Berbagi Dengan Penyandang Disabilitas

Tim Lapor! Kalsel Berbagi Dengan Penyandang Disabilitas

BANJARBARU-  Pengelola LAPOR! Provinsi  Kalsel  melaksanakan Aksi Sosial berbagi dengan Teman Disabilitas” , Senin (10/05/21) di Aula Persada, Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Fajar Harapan, Dinas Sosial  Kalsel.

Kegiatan sosial dalam rangka pengembangan program Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR !) di daerah untuk menjangkau para penyandang disabilitas.

Sebanyak 250 paket bantuan yang dibagikan ke 5 panti, dan secara simbolis  diserahkan  Penjabat (Pj) Gubernur Kalsel, Safrizal ZA .

Turut menyaksikan Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel, Siti Nuriyani dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalsel, Gusti Yanuar Rifai, serta Kepala PSBN Dinas Sosial Pemprov Kalsel, Fahruddin Salman.

Safrizal berharap sistem Lapor harus terus dikembangkan. Ini bisa  melayani pengaduan atau menerima laporan masyarakat sampai pelosok pedesaan. “Agar kita tahu apa yang dikehendaki masyarakat,” ujarnya.

Safrizal pun mengapresiasi program LAPOR ! Berbagi untuk membantu para disabilitas yang memiliki hati lebih tajam, perasaan yang lembut dan doa yang lebih makbul.

“Mereka layak dan berhak mendapat perlakuan yang sama seperti yang lain,” sebut Safrizal. 

Ia juga berharap, para penyandang disabilitas tetap bisa menyampaikan aspirasi atau laporan mereka kepada Pemerintah melalui Program LAPOR! ini.

Sementara Gusti Yanuar dalam laporanya menyebutkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur 

Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 46 Tahun 2020 tentang road map Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Tahun 2020 – 2024.

Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!),  pada saat ini diharapkan mampu menjangkau para penyandang disabilitas dengan menegakkan hak mereka terhadap pelayanan publik di Indonesia khususnya dalam hal menyampaikan aspirasi dan aduan mereka.

Hanya dengan melalui LAPOR!, tentunya dengan cara mereka masing-masing. “Ada masukan, kritikan terhadap Pemerintah pelayanan publik agar lebih baik lagi,” ujar Yanuar.

Dikatakan, orogram kegiatan LAPOR! Berbagi ini merupakan yang ke 3 kalinya, pertama adalah LAPOR! Peduli Covid-19 #LAPORBERBAGI yang 

kedua LAPOR! Peduli Banjir dan yang sekarang adalah LAPOR! Berbagi untuk teman disabilitas. 

“Pada kesempatan ini dengan menggandeng Bank Kalsel,  kami membagi 250 paket lebaran, yang disebar di beberapa pengelola Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) salah satunya di Panti Sosial Bina Netra Fajar Harapan ini,” ujar Yanuar.

Dilaporkan juga,  program ini merupakan salah satu indikator yang memuluskan jalan LAPOR! Kalsel menjadi  satu-satunya Provinsi yang masuk sebagai 6 Finalis kategori Pemerintah Daerah untuk merebut Outstanding Achievement pada Kompetisi Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Tahun 2020. (Sal/Adpim)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments