Banjarmasin-TP PKK Kalsel bersinergi dengan TP PKK Pusat dalam menyelenggarakan launching dan sosialisasi Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana. Kegiatan diluncurkan di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Senin (12/7/21). Acara juga dihadiri oleh Penjabat Gubernur Kalsel Safrizal ZA, perwakilan Walikota Banjarmasin dan Bupati Banjar, serta  perwakilan TP PKK kabupaten kota se-Kalsel.

Launching dan sosialisasi ini disaksikan secara virtual oleh Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian, serta Sekretaris Ditjen Bina Adwil Kemendagri, Indra Gunawan.

“Gerakan ini diharapkan tidak hanya sesaat, namun bisa dilaksanakan secara berkesinambungan,” ujar Tri Tito Karnavian saat meresmikan Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana lewat platform Zoom.

Sementara Pj Ketua PKK Kalsel, Safriati Safrizal  mengatakan Program diinisiasi oleh TP PKK Pusat Pokja IV. “Ada tiga hal yang mendasari kegiatan ini yaitu ranah kesehatan, lingkungan hidup, dan perencanaan sehat bagi keluarga,” kata Safriati.

Menurutnya, permasalahan kesehatan yang semakin menurun akibat Covid-19, juga masih tingginya angka stunting, dan kebiasaan masyarakat yang belum mencerminkan hidup sehat.

Terkait perencanaan sehat bagi keluarga, menurutnya masih banyak persepsi keliru masyarakat akibat ketidaktahuan rencana untuk keluarga sehat.

“Melalui gerakan ini, diharapkan individu, keluarga, dan masyarakat mampu menolong dirinya sendiri, juga tanggap dan tangguh bencana,” ungkap Safriati yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang IV TP PKK Pengurus Pusat.

Sedangkan Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, mendorong PKK Kalsel agar terus mensosialisasikan gerakan tersebut sampai satuan terkecil, yakni lingkup rumah tangga.

“Tidak banyak organisasi yang bisa masuk ke lingkup rumah tangga,” kata Safrizal.

Wakasatgas Covid-19 nasional ini pun menaruh harapan besar pada PKK Kalsel perihal sosialiasi pengendalian Covid di tingkat rumah tangga.

“Dengan bantuan PKK yang mensosialisasikan ke tingkat rumah tangga untuk menggalakkan gerakan 5M dan penanganan dini akibat Covid, maka Insyaallah dampaknya bisa dikendalikan.”

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur menyerahkan 600 paket bahan makanan bergizi dan sembako secara simbolis kepada Ketua Umum TP PKK, yang diwakili oleh Ketua Bidang IV TP PKK Pengurus Pusat.

Paket makanan bergizi disalurkan kepada ibu hamil dan balita dalam rangka pencegahan stunting di Kalsel.

Sedangkan paket sembako didistribusikan kepada lansia, disabilitas, dan masyarakat yang terdampak Covid-19.

Mendapat pasokan bantuan dari PT. Servvo Fire Indonesia dan Kun Humanity System+, Safriati secara simbolis menyerahkan 30 tabung alat pemadam api ringan pada kelompok Dasa Wisma yang tinggal di desa rawan kebakaran.

Juga menyerahkan 100 paket tas siaga bencana kepada kelompok Dasa Wisma di desa rawan bencana alam. (Vio/Adpim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here