Banjarmasin – Tim Penggerak PKK Kalsel kembali menebar aksi peduli di tengah pandemi Covid 19. Penjabat Ketua PKK Kalsel Safriati Safrizal memimpin langsung kegiatan berbagi dengan menyusuri Sungai Martapura Banjarmasin, Selasa (13/7/2021).

Sebelum matahari terbit, Safriati beserta rombongan TP PKK Provinsi Kalsel dengan didampingi TP PKK Kota Banjarmasin sudah terihat berkumpul di siring dermaga Menara Pandang untuk berangkat mengunakan kelotok.

Safriati dan rombongan membagikan paket sembako kepada masyarakat yang tinggal di pesisir Sungai Martapura. 

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah  Pasar Terapung Lokbaintan, Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.

Di tempat ini,  Safriati menaiki jukung untuk berinteraksi serta turut membeli dagangan yang dijual masyarakat.

Niat istri Pj Gubernurnya Kalsel Safrizal ingin  memberikan motivasi sekaligus  meringankan perekenomian pedagang setempat.

Usai membagikan sejumlah paket sembako dan menyantap sarapan pagi, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kampung Hijau dan Kampung Biru yang juga berada di pesisir Sungai Martapura. 

Usai penyerahan paket sembako di sana, Safriati ingatkan masyarakat untuk mengonsumsi makanan dengan mengandung gizi berimbang sebagai bagian ikhtiar menjaga kebugaran, termasuk menjelaskan pencegahan stunting pada anak.

Safriati juga mengajak masyarakat  menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan tidak melupakan 5M, serta mengikuti vaksinasi di masa pandemi ini. 

Hal ini juga merupakan bentuk sosialisasi gerakan  Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana yang di launching sehari sebelumnya. 

“Karena Lurah disini juga masih muda, kita harapkan inovasi kreatifitasnya bisa lebih baik dari yang lainnya, agar sampah tidak lagi dibuang sembarangan. Kalau bisa nanti diadakan pengadaan tong sampah di setiap pojok di Kampung Biru ini,” pesan Safriati kepada Lurah Kampung Melayu yang turut berhadir. 

Mengakhiri rangkaian kunjungan, Safriati beserta rombongan singgah di Rumah Anno, Banjarmasin.

Disini, Safriati dengan didampingi Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Siti Wasilah, menyerahkan alat pemadam api ringan (apar) dan tas siaga bencana kepada perwakilan Kelompok Dasa Wisma. 

Dari 100 paket tas siaga bencana yang diberikan oleh PT. Servvo Fire Indonesia dan Kun Humanity System+ kepada TP PKK Pusat, TP PKK Provinsi Kalsel mendapatkan 30 paket tas siaga bencana yang akan dibagikan sebagai realisasi Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana.

Dalam sambutan singkatnya, Safriati kembali ingatkan pentingnya kesadaran akan siaga bencana. Penyerahan apar dan tas siaga bencana ini diharapkan dapat menjadi peraga untuk TP PKK dalam mensosialisasikan gerakan ini.

“Saat ini kita tidak bisa memberikan tas siaga bencana ke setiap rumah, tapi setidaknya nanti mereka sudah tau apa isi dari tas siaga bencana, dan apa saja yang perlu disiapkan saat menghadapi bencana” ucap Safriati. 

Safriati juga menyampaikan pesan Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA untuk seluruh Kader TP PKK baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota, untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Saat ini covid sedang sangat merebak di Indonesia. Pesan Pak Pj Gubernur, adalah tugas kita bersama untuk bersinergi dan berkolaborasi serta turun ke lapangan, memberikan edukasi kepada masyarakat” ujar Safriati.

Safriati juga kembali ingatkantentang pentingnya edukasi terkait vaksinasi kepada masyarakat sebagai salah satu usaha penanganan covid-19 di Kalsel. 

“Pak Pj Gubernur juga menitipkan pesan agar kita bersama-sama melakukan edukasi kepada masyarakat tentang vaksinasi. Karena masih banyak masyarakat yang melakukan penolakan dan belum tau manfaatnya” ingat Safriati sebelum mengakhiri sambutannya. (Ran/ary)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here