PKK Kalsel Gencar Sosialisasikan Keluarga Sehat dan Tangguh Bencana

0
323

Martapura – Penjabat Ketua TP PKK Kalsel Safriati Safrizal kembali pimpin giat di lapangan untuk memberikan edukasi gerakan keluarga sehat dan tangguh bencana. Seperti halnya kunjungan di Banjarbaru dan Batola Senin (4/8/2021) kemarin, Safriati kali ini melanjutkan agenda di Kabupaten Banjar dan Tanah Laut, Kamis (5/8/2021).

Istri PJ Gubernur Kalsel ini menyerahkan lima Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan sepuluh Tas Siaga Bencana (TSB), kepada TP PKK Kabupaten Banjar di Mahligai Sultan Adam Kabupaten Banjar. Selain itu, Safriati juga menjelaskan secara singkat terkait gerakan Keluarga Sehat dan Tangguh Bencana. 

Ia mengharapkan masyarakat dapat sadar terkait kesehatan dan kesiapan menghadapi bencana.

“Saya berharap partisipasi TP PKK Kabupaten/Kota hingga TP PKK tingkat Kecamatan agar dapat mensosialisasikan gerakan tersebut kepada masyarakat.,” katanya.

Safriati mengatakan apabila masyarakat memiliki pengetahuan tentang kesiapan menghadapi bencana, maka akan ada banyak nyawa yang bisa diselamatkan.

“Contohnya bencana kebakaran di rumah tangga. Apabila masyarakat memahami pertolongan pertama yang benar pada luka bakar, resiko tingkat keparahan luka bakar dapat dikurangi,” kata Safriati.

Ia juga menjelaskan secara singkat isi dari tas siaga bencana sebagai referensi dan bahan untuk sosialisasi.

Safriati berharap bantuan APAR dan TSB yang diserahkan dapat membantu simulasi dan sosialisasi gerakan ini nantinya dan memberikan manfaat kepada masyarakat.

Karena menurutnya, fokus saat ini adalah pencegahan, bukan penanganan. 

“Mudah-mudahan ini akan bisa memberi manfaat kepada seluruh masyarakat untuk mengedukasi berbagai permasalahan yang ada terutama di tingkat rumah tangga. Konsen kita saat ini bukan penanganan kecelakaan tapi pencegahan kecelakaan terlebih dahulu” ucap Safriati. 

Ketua TP PKK Banjar, Nurgita Tiyas menyambut baik bantuan tersebut dan akan segera bersinergi dengan pihak terkait terkait pencegahan kecelakaan.

“Kami akan konsen bersama pokja terkait untuk bisa bekerja sama dengan semua pihak, baik swasta maupun bersinergi dengan Pemda  agar bisa melakukan langkah-langkah preventif yang diharapkan oleh TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan,” ujar Nurgita. 

Bantuan berupa APAR dan TSB yang diserahkan pada hari ini, adalah bantuan yang diberikan oleh PT. Servvo Fire Indonesia dan Kun Humanity System+. (Ran/Adpim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here