Pelaihari – Rangkaian sosialisasi Program Keluarga Sehat dan Tangguh Bencana yang dilaksanakan oleh TP PKK Provinsi Kalsel berlanjut di Kabupaten Tanah Laut, Kamis (5/8/2021).

Ketua TP PKK Tanah Laut Nurul Hikmah Sukamta dan jajaran. menyambut hangat kedatangan TP Provinsi Kalsel.

Dalam pertemuan di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari ini, PJ Ketua PKK Kalsel, Safriati Safrizal menjelaskan pentingnya gerakan Keluarga Sehat dan Tangguh Bencana.

“Bencana dapat terjadi kapan saja, sehingga masyarakat harus selalu siap dalam menghadapi bencana,” katanya

Salah satu persiapan dalam menghadapi bencana tersebut adalah adanya Tas Siaga Bencana (TSB) yang diharapkan ada di setiap rumah.

Menurut Safriati, TSB ini bukan hanya untuk daerah rawan bencana tapi semua daerah. TSB ini paling tidak, ada di setiap rumah karena TSB akan berguna dalam keadaan emergency atau darurat.

Safriati juga menjelaskan satu per satu isi TSB sekaligus kegunaannya. Begitu pula cara pemadaman api pada saat terjadi kebakaran di rumah tangga dengan menggunakan handuk.

Safriati mengingatkan kader TP PKK untuk refresh kembali kegiatan launching dan sosialisasi gerakan keluarga sehat dan tanggap bencana yang dilaksanakan pada 12 Juli lalu. 

“Ini agar dapat memberikan edukasi dan sosialisasi terkait gerakan tersebut,” katanya.

Tak lupa Safriati juga ingatkan kepada pengurus TP PKK agar menyampaikan tentang pentingnya penggunaan sabun untuk mencuci tangan di era pandemi. 

“Tolong disampaikan kepada masyarakat dan kader tentang pentingnya penggunaan sabun saat mencuci tangan terutama di era pandemi. Karena virus corona itu terdiri dari lemak”  ingatnya.

Masker juga menjadi hal yang tidak bisa kita tinggalkan pada era pandemi. Safriati ingatkan untuk saling menjaga dan melindungi dengan menggunakan masker, terutama untuk desa atau wilayah yang kesadaran penggunaan maskernya masih rendah.

Dalam kesempatan ini, Safriati juga menyerahkan bantuan berupa 10 buah tas siaga bencana, 75 vitamin serta 25 sembako yang masing-masing diberikan untuk Dasa Wisma Kabupaten Tanah Laut serta masyarakat terdampak Covid-19 dan disabilitas.

Bantuan berupa TSB ini diberikan berdasarkan data BPBD, bahwa potensi bencana yang mungkin terjadi di Kabupaten Tanah Laut adalah bencana alam. TSB ini juga merupakan bantuan dari Kun Humanity System+.

Sedangkan vitamin dan sembako adalah bantuan untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dari Pemerintah Provinsi Kalsel.

Safriati yang juga Ketua Bidang IV TP PKK Pusat menyampaikan bahwa TP PKK pusat juga akan menerima pilot project dari TP PKK Daerah terkait kesehatan keluarga dan lingkungan, dimana proyek terpilih nantinya menjadi percontohan tingkat nasional. 

Pilot project ini nantinya akan diajukan oleh TP PKK daerah dengan menyesuaikan dengan potensi bencana dan masalah daerah kepada TP PKK Pusat.

Selaku tuan rumah, Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Laut, Nurul Hikmah Sukamta tak lupa ucapkan terima kasih atas kedatangan Safriati Safrizal beserta rombongan. 

“Terima kasih kepada Pj Ketua TP PKK, Ibu Safriati Safrizal yang memberi bantuan kepada warga yang berasal dari daerah rawan bencana” ucapnya. (Ran/Ary)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here