Harjad Kalsel 71, Tandai Awal Kepemimpinan Sahbirin Noor – Muhidin

0
441

SELAIN apresiasi Mendagri Tito Karnavian atas pertumbuhan ekonomi Kalsel yang meroket, perayaan Harjad Kalsel ke 71 kali ini  ditandai dengan era kepemimpinan baru Sahbirin Noor – Muhidin yang berhasil memenangkan kontestasi Pilkada 2020.

Keduanya bakal bahu membahu dan bersinergi bersama segenap Kepala SKPD  serta para kepala daerah kabupaten/kota melanjutkan pembangunan Kalsel 2021 – 2024. Bagi Sahbirin Noor atau biasa disapa Paman Birin ini adalah periode kedua kepemimpinannya, setelah masa bakti 2016 – 2021 bersama Rudy Resnawan.

Sahbirin – Muhidin mengusung jargon Kalsel Maju (Makmur Sejahtera dan Berkelanjutan) 

dan menjadikan Kalsel sebagai wilayah strategis dengan ditetapkannya ibu kota negara (IKN) di Kaltim.

Sebagai gerbang ibu kota negara, Kalsel akan menerima dampak signifikan terhadap pembangunan berbagai sektor dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara misi Sahbirin – Muhidin, pertama adalah meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia (SDM). 

Kedua,  mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata. Misi ketiga memperkuat sarana prasarana dasar dan perekonomian. Misi keempat, melaksanakan tata kelola pemerintahan yang fokus pelayanan publik serta terakhir Memperkuat Ketahanan lingkungan dan bencana.

Sahbirin Noor – Muhidin juga merencanakan pembangunan kawasan-kawasan ekonomi baru mendukung IKN, meningkatkan konektifitas kawasan pertumbuhan perekonomian, pemenuhan sarana prasarana pendukung perekonomian, serta penyediaan sumber energi terbarukan.

Namun ada tugas besar menghadang Sahbirin – Muhidin di awal periode kepemimpinan yaitu memutus laju penyebaran Covid 19 sekaligus memulihkan perekonomian. Hal ini disadari Paman Birin – Muhidin karena itu ia mengajak semua elemen baik pemerintah dan masyarakat guna gotong royong mempercepat upaya memutus mata rantai penularan Covid 19. “Langkah pertama kita adalah fokus percepatan penanganan Covid dan pemulihan ekonomi,” ujar Paman Birin kepada Jejakbanua.com usai ditetapkan KPU sebagai pemenang kontestasi Pilkada Kalsel 2020, (4/8/2021). 

Maka dari itu dalam penyusunan program pembangunan ke depan, lebih mengutamakan sektor yang memiliki dampak langsung kepada masyarakat seperti sektor pertanian, perkebunan, infrastruktur, peningkatan UMKM dan lainnya. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here