Banjarbaru – Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan aksi konkret dalam rangka membantu warga yang sedang menjalani Isoman atau isolasi mandiri. Aksi itu dalam bentuk membagikan sayur dan buah kepada masyarakat di tiga kelurahan Kota Banjarbaru yang sedang Isoman.

“Hari ini kita bagikan buah dan sayur untuk warga yang sedang Isoman di tiga kelurahan dan satu panti yaitu Kelurahan Mentaos, Loktabat Utara dan Syamsuddin Noor,” ujar Kadis TPH Kalsel, Syamsir Rahman, usai kegiatan pembagian buah dan sayur di halaman kantor Kelurahan Syamsudin Noor, Rabu (18/8/2021).

Disampaikannya, buah dan sayur yang dibagikan berasal dari petani yang tidak bisa menjual langsung ke pasar karena takut berkerumun sehingga bisa terpapar Corona.

“Kami jemput bola langsung ke petani. Hari ini Rp20 juta uang yang kami belanjakan untuk beli sayur dan buah,” ungkapnya.

Syamsir berharap, bantuan yang diberikan bisa meringankan beban masyarakat yang sedang Isoman karena mereka perlu asupan gizi dan nutrisi agar cepat sembuh dari Covid.

“Semoga bantuan ini berkesinambungan ke kelurahan lainnya. Kita berharap ada SKPD lain yang bisa mengikuti. Ini juga sesuai dengan arahan gubernur terpilih, Paman Birin,” ucapnya.

Syamsir mengharapkan kepada pemerintah kabupaten yang juga masuk  PPKM level 4  bisa memberikan bantuan buah dan sayur kepada warganya yang sedang Isoman.

“Ketersediaan panganlah yang mampu membantu mereka disaat Isoman. Dinas di kabupaten juga bisa bergerak melakukan ini. Kami memberi contoh untuk memicu mereka,” terangnya.

Syamsir membeberkan, uang yang dibelanjakan berasal dari APBN yang sudah menganggarkan. “Kami berharap anggaran dari provinsi juga turun, namun anggaran banyak ke Covid,” ujarnya.

Secara terpisah, Lurah Syamsudin Noor, Muhammad Fatah mewakili warganya mengucapkan terima kasih kepada Dinas TPH Kalsel yang telah membantu memberikan buah dan sayur.

“Ini tentunya sangat bermanfaat bagi warga kami yang sedang menjalani Isoman. Semoga hal ini bisa juga di ikuti dinas lainnya,” ujarnya.

Untuk di Kelurahan Syamsudin Noor, beber Muhammad Fatah, ada 198 warga yang sedang menjalani Isoman.

“Di kelurahan Syamsudin Noor kasus positif Covid-19 memang sangat tinggi. Dalam satu bulan terakhir, menurut data yang kami kumpulkan, sudah 18 warga yang meninggal karena Covid,” tukasnya. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here