Belitung Utara Lahirkan Inovasi Lelaki Asli Hingga Kolam Ikan di Selokan

0
263

BANJARMASIN – Tak berlebihan rasanya bila keberhasilan Kelurahan Belitung Utara meraih predikat juara pertama dalam Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalsel, sangat diapresiasi Pemko Banjarmasin.
Pasalnya, penghargaan serupa terakhir kalinya didapatkan Pemko Banjarmasin tahun 2016 lalu, melalui Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara yang juga sukses mendapatkan predikat pertama.
Saat menerima kedatangan Lurah Belitung Utara, Amrullah, bersama SKPD terkait, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina menegaskan, keberhasilan yang diraih Kelurahan Belitung Utara merupakan keberhasilan warga kota Banjarmasin.
Intinya, keberhasilan tidak didapat dengan hanya berpangku tangan, tetapi harus dilakukan bersama-sama dengan mengedepankan inovasi pembangunan “Semua pihak harus berkolaborasi dan berinovasi. Yang dilakukan Kelurahan Belitung Utara itu sangat apa bagus sekali, masyarakat bisa terlayani dengan baik, sehingga keberadaan kelurahan ini betul-betul terlihat melayani warga dan memberdayakan masyarakat dari berbagai aspek, jadi wajar jika bisa mendapatkan peringkat juara pertama. selamat sukses,” ujarnya, Senin (23/08).
Aam, begitulah panggilan akrab Lurah Belitung Utara yang bertubuh atletis itu menjelaskan, keberhasilannya meraih peringkat pertama dalam lomba tersebut lantaran dinilai sukses memberikan pelayanan publik dengan menggunakan beberapa inovasi pembangunan, diantaranya seperti inovasi Lelaki Asli.
Inovasi ini bekerjasama dengan Puskesmas Kuin Raya dengan tujuan untuk mengurangi angka stanting, meningkatkan peran serta suami dalam mendampingi ibu dari sejak hamil, melahirkan hingga menyusui.
Inovasi kedua, lanjutnya, adalah tentang pelestarian lingkungan hidup.
Sejak tahun 2020 lalu, Kelurahan Belitung Utara bersama warga sekitar kembali menghidupkan budaya gotong royong membersihkan lingkungan. Dari aksi bersih-bersih itu, akhirnya lahir inovasi untuk memanfaatkan aliran air (selokan) untuk dijadikan kolam ikan. “Kami bergotong royong bersama warga, kemudian atas inisiatif ibu camat, selokan yang dulunya mengeluarkan aroma tdak sdap kami bersihkan dan kami jadikan kolam ikan,” jelasnya.
Sedangkan inovasi ketiga, terang Aam lagi, berbagi Sembako kepada warga kurang mampu setiap hari Jumat.
Menurutnya, banyak manfaat yang dapatkan dengan melakukan inovasi berbagi Sembako ini, diantaranya terjalin silaturahim antara perangkat pemerintah daerah dengan warga, kemudian dapat melihat dan mendengarkan langsung keluhan warga atas mutu pelayanan public yang telah diberikan, sehingga dapat segera dillakukan pembenahan.
Dengan diraihnya keberhasilan ini, maka tiket menuju lomba tingkat nasional sudah di tangan Kelurahan Banjarmasin Utara.
Untuk itu, pria yang pernah bertugas di Kabupaten Batola ini memohon dukungan kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Banjarmasin, agar dalam lomba nanti bisa membawa harum nama Provinsi Kalsel, khususnya Kota Banjarmasin.
Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor, para kepala SKPD instansi terkait dan Camat Banjarmasin Barat, Hj Karlina, yang telah membimbing dan memberikan semangat kepada para ASN Kelurahan Belitung Utara, sehingga bisa melahirkan inovasi pembangunan yang bermanfaat untuk masyarakat. “Alhamdulillah ini juara 1 lomba kelurahan tingkat provinsi. Ini merupakan kado kami untuk pemerintah Kota Bnajarmasin, khususnya untuk ibu camat, beliau sangat berharap Kelurahan Belitung Utara menang,dan alhamdulillah kami bisa mempersembahkannya sebelum sidin memasuki masa pensiun,” pungkasnya.(dokpim-bjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here