PELAIHARI – Desa Bumi Jaya Kecamatan Pelaihari Kedatangan Tim Verifikator Program Kampung Iklim Utama (Proklim) Lestari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai tindak lanjut penilaian Desa Bumi Jaya yang merupakan satu-satunya Desa di Kabupaten Tanah Laut yang masuk dalam Nominasi Desa Lestari Tingkat Nasional. Kegiatan verifikasi ini dilaksanakan di Balai Desa Bumi Jaya pada Rabu (25/8).

Tanah Laut patut berbangga Desa Bumi Jaya sebelumnya juga telah meraih Penghargaan Proklim pada Tahun 2019. Sekarang Desa Bumi Jaya dari Kabupaten Tanah Laut menjadi salah satu dari dua perwakilan Desa Lestari di Kalimantan Selatan dan akan bersaing dengan Tanah Bumbu di Tingkat Nasional.

Ada 3 Indikator yang dinilai di tahap verifikasi ini. Indikator pertama, calon Desa Lestari sudah melakukan pembinaan Proklim ke lokasi-lokasi lain yang minimal 10 lokasi. Indikator kedua adanya peningkatan kegiatan dari tahun pertama menjadi Desa Proklim hingga sekarang menjadi calon Desa Lestari. Indikator ketiga dengan bobot nilai yang paling besar adalah penguatan kelembagaan yang merupakan wadah keberlangsungan kegiatan yang ada di Desa Bumi Jaya.

Selanjutnya perwakilan Tim Verifikator Proklim Lestari KLHK, Restu, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi Desa Bumi Jaya yang telah menorehkan prestasi membanggakan.

“Wilayah Regional Kalimantan baru di tahun ini ada Proklim yang sampai pada tingkat Lestari, sebab Proklim sendiri sebenarnya ada 4 tingkatan dan yang paling tinggi adalah Proklim Lestari,” ujar Restu.

Senada dengan Restu Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Laut Muhammad Mursyi turut mengapresiasi yang telah diraih oleh Desa Bumi Jaya. Pihaknya pun selalu siap untuk memfasilitasi para Tim Verifikator untuk melakukan penilaian untuk 10 desa yang ada di Kabupaten Tanah Laut yang telah di bina oleh Desa Bumi Jaya.

“Intinya kami selalu memfasilitasi Tim Verifikator misalnya saja saat mereka meninjau langsung bagaimana desa Bumi Jaya mengelola Sumber Mata Air yang tidak pernh kering meski musim kemarau, selain itu juga mereka membuat alat pemadam kebakaran, dan unggul dalam kegiatan Bank Sampah,” ujar Muhammad Mursyi.

Dijelaskan Mursyi bahwa Desa/Kelurahan lain di Kabupaten Tanah Laut juga Sudah diverifikasi oleh Tim Verifikator KLHK Kategori Proklim Utama yaitu Desa Damit Kecamatan Batu Ampar, Desa Pagatan Besar Kecamatan Takisung, dan Kelurahan Karang Taruna Kecamatan Pelaihari.

Turut Berhadir dalam Kegiatan Verifikasi di Desa Bumi Jaya Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, Camat Pelaihari, Kepala Desa Bumi Jaya, Tim Penggerak PKK Desa Bumi Jaya, serta Tokoh Masyarakat Desa Bumi Jaya. (Diskominfo Tala/DV/RZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here