Banjarmasin – South Kalimantan Travel Mart salah satu ajang menggerakan pariwisata setelah setahun lebih dilanda Pandemi Covid-19 bakal digelar. Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Kalsel menyebutkan ajang yang mempertemuan antara pembeli dan penjual untuk paket wisata dalam rangka meningkatkan perekonomian sektor wisata di Kalimantan Selatan digelar bulan Oktober 2021.

Event yang digelar dan diprakarsai oleh Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Kalimantan Selatan diselenggarakan 7 hingga 10 Oktober  2021 dengan harapan dapat menjadi upaya komunikasi dan jembatan kebangkitan ekonomi pariwisata pasca pandemi dan mata rantai promosi destinasi mapun produk wisata berkelanjutan, termasuk desa wisata.

“ Pertama adalah bagaimana kita menggerakkan kembali sektor pariwisata yang sempat down akibat pandemi covid-19, sehingga berimplikasi kepada pemulihan ekonominya. Barulah kita berbicara target bagaimana mengangkat dan mengenalkan potensi-potensi wisata Kalsel. Tentunya yang kita promosikan wisata yang sehat dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan domestik dari berbagai daerah,” jelas Ketua ASPPI DPD Kalsel, Mutia Amana Nastiti, saat melakukan safari ke Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarmasin, Rabu (25/08/2021).

South Kalimantan Travel Mart 2021 sendiri mempromosikan keunikan serta kekhasan Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) di Indonesia khususnya Kalimantan Selatan dengan Pasar Terapung dan Adventure ke Loksado dengam Bambo Raftingnya serta susur sungai di Banjarmasin sembari menikmati kuliner khasnya.Agenda Travel Mart sendiri dengan kemasan system B2B (Business To Business) dimana mempertemukan para seller dan buyer secara langsung untuk bertukar informasi mengenai produk yang dimiliki.Disisi lain B2C (Business To Customer) dimana pengunjung akan mendapatkan informasi seputar produk perjalanan wisata yang mereka butuhkan. 

“ Di samping Gala Dinner dan Table Top, peserta Travel Mart sendiri akan melakukan semacam Fam Trip wisata ke sejumlah destinasi alam, termasuk juga berkunjung ke berbagai pusat kuliner yang ada di Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura dan Gala Dinner di Amanah Borneo Park.” Ujar Mutia.


Kepala Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarmasin, Ikhsan Al Haq menyambut baik South Kalimantan Travel Mart dalam upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata terpuruk setelah dilanda pandemi. Kegiatan ini pun setidaknya menjadi trigger (pemicu) upaya pemulihan perekonomian khususnya bagian langsung sebuah industri pariwisata, termasuk UMKM wisata.

“ Kami sangat menyambut baik rencana Travel Mart yang dilakukan kawan-kawan ASPPI Kalsel. Ini sangat membantu pemerintah provinsi dan Kota Banjarmasinmempromosikan potensi-potensi destinasi wisata yang bisa mendatangkan wisatawan dan memulihkan perekonomian kita. Bagi Kota Banjarmasin tentunya ada nilai tersendiri dan terbantu dengan salah satu kegiatan yang selaras dengan Pemerintah Kota Banjarmasin membangkitkan kembali pariwisatanya dan memulihkan perekonomian rakyat, terutama sektor-sektor yang bersentuhan langsung dengan pariwisata,” kata Kepala Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarmasin, Ikhsan Al Haq saat menerima delegasi ASPPI Kalsel, di ruang kerjanya, Rabu (25/08/2021).

Pemerintah Kota Banjarmasin sendiri menurut Ikhsan Al Haq  sangat mengapresiasi sekali dengan event pariwisata ini. Karena sebuah terobosan yang baik mendongkrak pariwisata di tengah pandemi tanpa mengenyampingkan protokol kesehatan. Pergerakan parekraf lokal perlu ditangkatkan sesuai arahan Menparekraf Sandiaga Uno agar pelaku pariwisata terus adaptif dan inovatif demi mendorong gerakan ekonomi di Indonesia termasuk Kalsel. 

“ Kami pun selalu memberikan dukungan penuh bagaimana South Kalimantan Travel Mart 2021 ini bisa berjalan dan memberikan kontribusi terbaik untuk pariwisata Banjarmasin dan Kalimantan Selatan. Terlebih tahun 2022 ada Visit Kalimantan Selatan “ imbuhnya. ( Olpah Sari Risanta – Arya )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here