Banjarbaru – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin kembali menunjukkan aksi nyata dalam upaya percepatan penanganan Covid di banua.

Didampingi Kadis TPH Kalsel Syamsir Rahman, menyerahkan bantuan paket sayur dan buah untuk membantu warga yang sedang menjalani isoman (isolasi mandiri), Senin (30/8).

Kegiatan berlangsung di aula kantor Dinas TPH Kalsel Kota Banjarbaru. Kegiatan tersebut merupakan salah satu aksi peduli penanganan pandemi Covid-19 yang dilakukan Pemprov Kalsel melalui Dinas TPH dengan cara berbagi dengan warga yang menjalani isoman.

Bantuan paket sayur dan buah tersebut berupa sebanyak 300 paket dan dibagikan kepada warga isoman di Kelurahan Kelayan serta Kecamatan Cempaka, Banjarbaru. Isi paket terdiri dari buah melon, terong, timun, cabe dan pisang.

Paman Birin pun sangat mengapresiasi aksi peduli terhadap warga yang sedang menjalani isoman tersebut.

“Kita harapkan, dengan adanya bantuan ini bisa sedikit meringankan beban warga yang sedang isoman,” katanya.

Menurutnya dampak wabah Covid begitu luas, bahkan nyaris menghentikan berbagai sendi kehidupan di masyarakat akibat adanya pembatasan sosial.

“Wabah Covid itu seperti hantu yang membuat masyarakat cemas dan takut, untuk mengatasinya tak ada kata lain selain gotong royong dan kerja sama, salah satunya yang kita lakukan hari ini dengan berbagi kepada warga yang sedang isoman,” katanya.

Dengan memberi perhatian kepada warga yang isoman, paling tidak dapat memberikan kegembiraan dan kebahagiaan kepada mereka.

“Karena kalau kita bahagia dan gembira otomatis imun tubuh kita baik dan Covid dapat segera hilang,” kata Paman Birin.

Ia pun mengajak seluruh pihak baik pemerintah, swasta dan masyarakat agar saling peduli dalam rangka penanganan Covid-19 ini.

“Peduli dengan sesama yang terdampak wabah Covid, karena banyak saudara kita atau tetangga kita yang tak bisa kerja akibat adanya pembatasan sosial, kita bantu mereka apabila ada rezeki berlebih,” katanya.

Paman Birin juga mengingatkan agar warga yang sedang isoman jangan dikucilkan, namun justru dibantu. Terakhir ia berpesan agar semua pihak tetap menjalankan prokes dengan ketat sesuai anjuran pemerintah.

“Selain protokol kesehatan 5M, saya tambahkan satu lagi yaitu jangan malas mandi, karena dengan mandi badan kita segar dan bersih, itu salah satu cara hidup sehat agar terhindar dari penularan Covid,” pesannya.

Sementara Kadis TPH Kalsel Syamsir Rahman mengatakan, sayur dan buah itu dibeli dari kelompok tani dengan harga diatas pasaran sehingga dapat membantu penghasilan mereka.

“Dengan kegiatan ini kita juga membantu menjaga inflasi daerah untuk komoditi hasil pertanian,” katanya.

Aksi peduli warga Isoman ini juga mendapatkan apresiasi Menko Prekonomian Airlangga Hartarto yang menyempatkan datang ke kebun Kelompok Tani Mugi Rahayu di Tambak Tarap, Landasan Ulin, Banjarbaru. “Bahkan daerah lain di Indonesia diminta dapat mencontoh aksi peduli warga isoman yang dilaksanakan Pemprov Kalsel melalui Dinas TPH ini,” terang Syamsir.

Adapun proses pembagian bantuan diserahkan kepada masing-masing relawan Covid di kelurahan dan kecamatan.

“Tanpa gotong royong dan kebersamaan maka penanganan Covid tak akan berhasil,” katanya.

Sebelumnya Dinas TPH Kalsel juga membantu ratusan warga Isoman di Kelurahan Syamsuddin Noor, Landasan Ulin, Banjarbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here